Air Terjun Gerombong yang Spektakuler


Semua kelelahan seolah sirna dengan pemandangan menakjubkan.

Salah satu air terjun di kawasan Bali Utara menyuguhkan tempat indah, sensasional dan cukup menantang adalah air terjun Gerombong. Air terjun yang lokasinya cukup tersembunyi, tetapi terkenal di kalangan wisatawan.

Air terjun Gerombong ini berada di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Jaraknya sekitar 2,5 jam perjalanan dari Denpasar. Dari arah kota Denpasar kita menuju ke Bali Utara dengan menyusuri Jalan Raya Denpasar – Bedugul.

Sebelum mencapai lokasi terlebih dahulu kita akan melewati pemandangan Danau Beratan dan Bukit Bedugul. Di sini kita bisa bersantai sejenak, menikmati sejuknya udara Bedugul dengan menepi di pinggir danau yang masih asri. Bedugul merupakan tempat nyaman untuk melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan.

Air terjun Gerombong juga dikenal dengan sebutan air terjun Sekumpul karena aksesnya dapat dilalui dari Sekumpul, desa di sebelah utara Desa Lemukih. Jika kalian lebih memilih perjalanan pendek dan tidak melelahkan bisa melewati jalur ini. Perjalanan dari parkiran sampai di lokasi air terjun berjarak kurang dari satu kilometer.

Sebelum mencapai lokasi, saya melewati perkampungan, menyusuri kebun cengkeh dan durian milik warga. Di sini saya melihat pemandangan Air Terjun Gerombong atau Twin Waterfall yang amat cantik nampak dari depan.

Melewati Desa Sekumpul ini, sebagai wisatawan domestik saya dikenakan tiket Rp 10.000 per orang.

Fiji

Jika suka wisata trekking, kalian bisa mengakses air terjun ini melalui Desa Lemukih. Mungkin akan sedikit melelahkan karena jalurnya lebih panjang dibandingkan dari Desa Sekumpul, tetapi kelelahan akan terobati oleh pemandangan sawah yang eksotis dan aliran sungai yang jernih.

Lekukan Sawah Fiji dan jalan setapak yang dibuat khusus untuk para trekking akan menambah keseruan perjalanan. Selain itu sebelum mencapai air terjun Gerombong kita juga disuguhkan dengan air terjun Fiji yang dikenal dengan triple waterfall dan dua air terjun lain yang belum memiliki nama.

Setelah trekking yang cukup melelahkan kita bakal disambut oleh deburan Air Terjun Gerombong. Semua kelelahan seolah sirna dengan pemandangan alam menakjubkan di depan mata. Tinggi air terjun sekitar 40 meter terletak berjejer menyuguhkan pemandangan spektakuler.

Rimbunan pohon perdu sekitar tebing berpadu indah menawarkan kedamaian. Embusan angin yang membawa bulir-bulir air menyentuh tubuh terasa sejuk dan menyegarkan, sebuah tempat indah yang terletak tersembunyi siap menjauhkan kita dari kejenuhan dan rutinitas.

Tidak mengherankan daya tarik air terjun Grombong ini, sanggup membuat pengunjungnya bersusah payah untuk menikmati kemolekannya, airnya jernih mengalir di sepanjang sungai dasar tebing. Selain menikmati kecantikannya, kita bisa mandi merasakan segarnya air pegunungan di aliran sungai Gerombong. [b]