Tiga Tempat Unik Wajib Dikunjungi Saat Ke Bali!

Bali tetap menjadi tempat destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bila mengunjungi Bali, begitu banyak tempat bisa dijadikan tujuan wisata mulai dari pantai, pegunungan, persawahan ataupun perkotaannya. Namun, Bali juga memiliki tempat-tempat unik untuk dikunjungi. Berikut tiga di antaranya.

1. Museum I AM Bali

Interactive Art Museum (IAM) yang berdiri sejak Agustus 2016 adalah museum dengan konsep tiga dimensi (3D) cukup unik. Pengunjung yang datang selain disuguhkan tempat untuk berekreasi dan menikmati karya seni, ada juga tempat untuk menikmati berbagai makanan ringan hingga makanan berat.

IAM Bali juga menyediakan tempat untuk kalian yang ingin mengadakan acara gathering ataupun semacamnya. IAM Bali buka dari pukul 09.00 pagi hingga 19.15 malam. Letaknya pun strategis yaitu di pusat kota, tepatnya dibawah museum Bajra Sandhi Renon. Tidak akan kesulitan bagi kamu yang ingin mencari museum unik ini. 

“Menurutku, sih, museumnya terobosan baru banget. Kan unik ya ada museum 3D begini. Apalagi di Denpasar yang tempatnya strategis begini masih jarang,” ujar Aprilia Putri (20) saat ditemui di depan pintu masuk museum.

Namun, menurut Aprilia, sayangnya masih belum terlalu banyak yang tahu. “Semoga anak-anak muda makin jeli melihat ada museum IAM Bali di Renon,” lanjutnya.

Dengan harga tiket masuk cukup ramah di kantong dan ada harga khusus untuk yang ber-KTP Bali, kamu bisa dengan mudah untuk mengunjungi museum IAM Bali ini. 

2. Wanagiri Hidden Hill, Desa Wanagiri, Buleleng

Bila kamu mengambil jurusan ke Bali Utara tepatnya daerah Singaraja, silakan mampir ke daerah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Obyek wisata yang cukup menyita perhatian masyarakat ini menyuguhkan pemandangan menyegarkan setelah penat di ibu kota, mulai dari bukit-bukit hingga danau.

Wanagiri Hidden Hill buka dari pukul 06.30 pagi hingga 19.00 setiap hari. Harga tiket Rp 10.000 saja untuk mengabadikan foto dengan spot foto dari ayunan bergantung di salah satu dahan pohon ataupun dari sarang burung yang terlihat nyaman dengan menghadap danau. Meski terletak cukup tinggi, tapi menjadi daya tarik tersendiri karena bisa menghasilkan foto dengan latar pemandangan yang indah.

Namun, tak masalah bila kamu kurang berani karena kamu masih bisa berfoto dengan obyek anjungan bambu dengan bentuk perahu. 

“Kalau pulang kampung pasti lewat sini dan selalu ramai. Seru sih bisa nambah konten untuk upload di Instagram. Hehehe. Dan bisa menambah pendapatan masyarakat sekitar juga dengan memanfaatnya dataran tinggi dan danaunya,” ujar Ngurah Budiasa (20) saat terlihat sedang berswafoto di anjungan bambu berbentuk perahu.

3. Pura Taman Mumbul, Sangeh

Pura Taman Mumbul yang terletak di Sangeh, Kabupaten Badung bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi kamu yang lain apabila kamu sudah pernah mencoba ke Pura Taman Tirta Empul ataupun Tampak Siring. Pura Taman Mumbul merupakan tempat persembahyangan dengan solas atau dalam Bahasa Indonesia berarti sebelas sumber mata air dan juga memiliki nuansa alam asri nan indah.

Pura Taman Mumbul sudah berdiri cukup lama tetapi tempat ini tergolong baru dikenal oleh masyarakat. Selain memiliki tempat penglukatan (meruwat) disebelah selatan jalan, di seberangnya atau di sebelah utara, Taman Mumbul juga memiliki kolam besar yang jernih dan terdapat banyak ikan-ikan yang besar.

Kamu bisa memberi makan dengan membeli pakan ikan di dekat kolam seharga Rp 15.000 – Rp 20.000.

“Tempatnya asri banget karena ada kolam ikannya juga. Sekarang sih sudah bagus ya. Dulu masih belum terlihat untuk tempat rekreasi karena masih pembangunan juga,” ujar Widiani Karang (21), salah seorang pengunjung saat itu. 

Bila ini adalah kali pertamamu berwisata ke Taman Mumbul, tidak usah khawatir karena terdapat sebuah wantilan dan restoran yang bisa digunakan untuk bersantai, toilet umum, serta ada selendang dan kain untuk disewakan seharga Rp 5.000. Selain itu tidak dikenakan biaya apapun bila datang ke Pura Taman Mumbul ini. [b]