Program Dharma Hadir di Pesona Budaya Mertasari

Hasilnya, Sanur kini terbebas dari ancaman rabies.

Program Dharma sebagai ikon program pengendalian rabies berbasis masyarakat dengan pendekatan one health ikut juga berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ada sterilisasi, vaksinasi dan konsultasi hewan gratis.

Pesona budaya mertasari 4 berlangsung pada 11-14 Juli 2019 di Pantai Mertasari, Sanur. Acaranya berlangsung meriah.

Tema kegiatan kali ini “Asta Brata”. Ada parade budaya mulai dari penabuh gender massal, parade barong, lomba ngelawar, gong kebyar dan lainnya. Terdapat juga stand makanan dan fashion.

Kader Program Dharma telah sukses mendata kepemilikan anjing serta mendidik masyarakat tentang pentingnya vaksin rabies dan cara memelihara anjing. Hasilnya, kawasan Sanur sampai saat ini bebas dari rabies. Sebagai salah satu daerah tujuan wisata Pantai Sanur banyak dikunjungi para wisatawan mancanegara dan perlu program pengendalian rabies yang komprehensif.

Program Dharma telah tiga tahun membantu menjaga kawasan ini dengan melakukan pendataan, sterilisasi anjing liar, edukasi pada masyarakat, edukasi pada sekolah, vaksinasi bekerjasama dengan dinas pertanian serta pemetaan terhadap anjing liar di kawasan. Desa Sanur Kauh juga sudah berkomitmen untuk membebaskan sanur dari Rabies dengan mendukung penuh program pengendalian rabies berbasis komunitas.