Jelajah Wilayah Hokuriko dengan Hokuriko Area Pass

Japan Railway (sumber: Traveloka)

Hokuriku area pass adalah layanan transportasi untuk digunakan secara eksklusif bagi wisatawan asing.

Pelayanan ini menyediakan perjalanan selama empat hari berturut-turut tanpa batas dengan kereta JR (Japan Railway) dan jalur bus yang telah dipilih di wilayah Hokuriku, Jepang. Dengan menggunakan layanan transportasi ini, Anda dapat menjelajahi daerah sekitar Kanazawa, Kaga Onsen, Fukui, dan objek wisata lainnya di wilayah ini. Penggunaan kereta JR ini tidak terbatas di sepanjang jalur yang telah ditentukan, termasuk kursi yang terdapat di dalamnya.

Kursi yang telah dipesan tidak diberlakukan adanya izin. Contohnya, jika pemegang kartu pass ingin menggunakan kursi yang telah dipesan, maka kartu pass tersebut hanya akan dikenakan tarif dasar, sementara biaya ekspres yang telah diberlakukan harus dibayar secara terpisah. Perhatikan bahwa kereta Kagayaki di sepanjang Hokuriku Shinkansen hanya membawa tempat duduk yang telah dipesan dan tidak dapat digunakan secara gratis oleh pemegang tiket.

Manfaat Menggunakan JR Hokuriku Area Pass

  • Dapat menggunakan bus JR lokal tanpa batas di sekitar Kanazawa
  • Pass ini berlaku selama empat hari berturut-turut 
  • Pass ini memberikan diskon pada berbagai kereta dan bus non-JR, termasuk destinasi berikut:
  • Toyama Chiho Railway antara Toyama dan Tateyama (tidak ada pemberhentian)
  • Pulang pergi di sepanjang Rute Alpen Tateyama Kurobe antara Tateyama dan Danau Kurobe
  • Kartu bus pilihan untuk Takaoka ke Gokayama dan Shirakawago
  • Pass 1 hari dari Loop Bus Kanazawa
  • Tiket 1 hari untuk bus Kaga Onsen
  • Kartu pilihan untuk Fukui ke Tojinbo dan Kuil Eiheiji
  • Perlu Anda ketahui pass ini memberikan diskon saat masuk ke beberapa dari sedikit tempat wisata di daerah tersebut.
  • Hanya pengunjung asing yang datang ke Jepang (dengan status pengunjung sementara) yang dapat menggunakan JR Hokuriko Area Pass. Pass ini sama sekali tidak dapat digunakan oleh penduduk Jepang.
  • Kartu pass hanya dapat digunakan oleh satu orang. Dan tentu saja kartu ini tidak dapat ditransfer dan digunakan oleh banyak orang. Pemegang paspor harus membawa paspornya setiap saat untuk menunjukkan identitasnya serta untuk meng cross check pemegang kartu pass tersebut.

Akses Online Hokuriku Area Pass

JR Hokuriku Area Pass dapat dibeli secara online, di agen perjalanan pilihan di luar Jepang dan di stasiun kereta api utama di daerah yang dicakup. Salah satunya Anda dapat membelinya di situs Traveloka. Jika dibeli di luar Jepang atau melalui internet, pada awalnya akan dikeluarkan voucher yang harus ditukar dengan pass yang sebenarnya setelah tiba di Jepang, di stasiun utama di area yang dicakup. Jika membeli pass di dalam Jepang, biayanya sedikit lebih tinggi, dan dikenakan batas pembelian yaitu per satu orang.

Tips untuk Para Wisatawan

JR Hokuriku Area Pass merupakan pilihan transportasi terbaik untuk menjelajahi wilayah Hokuriku. Rasanya akan terpuaskan sama seperti saat melakukan perjalanan satu arah dengan kereta ekspres terbatas dari Tsuruga ke Kanazawa saja. Ketika Anda datang untuk memutuskan pergi berkeliling layaknya seperti penduduk setempat, tidak ada yang dapat mengalahkan kenyamanan menggunakan transportasi umum. Namun, bagi wisatawan, hal ini bisa sedikit melelahkan dan membingungkan, terutama saat mengalami kesulitan saat mencari atau mendapatkan uang receh di dalam dompet maupun saku setiap kali kita harus naik. Jika Anda merencanakan perjalanan di sekitar Hokuriku dan Takayama, untuk dapat meringankan sedikit beban Anda, yang harus Anda lakukan adalah membeli bantulah Tourist Pass Area Takayama-Hokuriku.

Tidak ada salahnya menggunakan transportasi umum, terutama shinkansen ketika Anda merencanakan liburan ke Jepang, terutama ke Hokuriku. Jepang sangatlah terkenal dengan banyaknya warisan budaya, serta pemandangan alamnya yang menakjubkan. Karena itulah tidak mengherankan bahwa negara Jepang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Karena banyaknya pemandangan alam yang disuguhkan di sepanjang jalan, misalnya seperti hamparan sawah dan perkebunan, bunga sakura, serta deretan perumahan yang tersusun rapi menjadi suguhan yang sangat memanjakan mata. Oleh sebab itu, Anda dapat menikmati semuanya itu saat menggunakan JR Hokuriku area pass.