• Tanya Jawab
  • Mengenal Kami
  • Pemasangan Iklan
  • Kontak
  • Kontributor
    • Log In
    • Register
    • Edit Profile
Thursday, September 28, 2023
  • Login
  • Register
BaleBengong.id
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip
No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip
No Result
View All Result
BaleBengong.id
No Result
View All Result
Home Kesehatan

Puskesmas, Gerbang Layanan Jaminan Kesehatan

Happy Ari by Happy Ari
9 September 2016
in Kesehatan, Pelayanan Publik
0 0
0
Layanan JKN di Puskesmas Denpasar Timur
Layanan JKN di Puskesmas Denpasar Timur. Foto Happy Ari Satyani.

Puskesmas berperan penting dalam JKN. 

Dia salah satu pintu utama dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), menjadi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam strata layanan JKN yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Puskesmas juga menjadi tempat mengadu masalah JKN oleh para peserta JKN. Padahal Puskesmas juga masih memiliki banyak hambatan dalam pelayanan JKN sendiri.

Awal Agustus lalu saat follow up program Awasi Jaminan Kesehatan Nasional (AJAKAN) di Puskesmas II Denpasar Timur, Kepala Puskesmas dr. Buda Wesnawa menyoroti beberapa hal yang menjadi hambatan dalam pelayanan JKN di FKTP.

Pertama mengenai integrasi Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) ke dalam JKN. Belum adanya keputusan pasti mengenai ini membuat Puskesmas menjadi sasaran keluhan warga. Sementara itu Puskesmas juga kekurangan sumber daya manusia untuk melayani pasien JKN.

Menurut Buda Wesnawa layanan FKTP tidak disediakan petugas khusus JKN seperti di layanan rujukan seperti rumah sakit. Selama ini Puskesmas hanya menjadi perantara keluhan tentang JKN dari peserta ke penyelenggara JKN ini.

“Yang bisa dilakukan Puskesmas sebagai FKTP hanya terus meningkatkan pelayanan, karena merupakan pintu pertama pelayanan dalam JKN,” kata Buda Wesnawa.

Puskesmas Dentim II terlihat menunjukkan keterbukaan informasi publik dengan menempel plafon anggaran dan detail penggunaannya di papan informasi, berlokasi di lantai II gedung. Alur dan penataan pengunjung juga ditata untuk memudahkan pelayanan.

Banyaknya keluhan dari masyarakat ini bersumber dari kurangnya sosialisasi yang diterima secara merata. Keluhan masyarakat ini menjadi tugas baru juga bagi layanan primer.

Oleh karena itu dalam upaya program AJAKAN dr. Buda Wesnawa memberikan masukan untuk membuat media komunikasi, informasi, dan edukasi karena promosi JKN untuk masyarakat masih kurang. “Selain itu juga perlu sistem yang mudah direspon,” ujarnya.

Inisiatif Puskesmas
Di Denpasar saat ini ada layanan khusus lansia di layanan kesehatan. Para lansia yang akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya didata untuk didaftarkan online. Pasien tinggal menunggu jadwal periksa dari rumah.

Menurut dr. Buda Wesnawa, ide yang dilontarkan oleh Walikota Denpasar ini dilakukan setelah melakukan studi banding di kota Surabaya.

Buda Wesnawa berujar ingin mengembangkan hal semacam ini di Puskesmas yang dipimpinnya. Menurutnya pelayanan yang semacam ini akan lebih efektif untuk pasien.

“Hanya saja biaya pembuatan sistem dan kendala pasien yang belum terbiasa menggunakan sistem online,” lanjutnya.

Banyak yang ingin dilakukan oleh Puskesmas sebagai FKTP untuk memaksimalkan layanan JKN ini. Sebagai contoh misalnya saat tindak lanjut terkait program di Puskesmas IV Denpasar Selatan, mereka memiliki ide ingin membuat sms blast.

Kepala Puskesmas Densel dr. AA Ayu Dewi Anjani ingin mengirim pesan elektronik berupa promosi kesehatan kepada pasien JKN yang terdaftar di layanan Puskesmas mereka.

Luh De Suriyani dari Sloka Institute yang bertemu dengan para jajaran pimpinan Puskesmas ini berharap apapun yang menjadi inisiatif layanan tingkat pertama ini perlu terus didorong. Dia juga menyarankan kepada para pimpinan fasilitas kesehatan (faskes) untuk menggunakan mekanisme AJAKAN semaksimal mungkin dalam mewujudkan inisiatif-inisiatif pelayan kesehatan ini. [b]

Tags: AJAKANBPJS KesehatanJKNKesehatanPelayanan Publik
ShareTweetSendSend
Anugerah Jurnalisme Warga 2021
Happy Ari

Happy Ari

ALURA (Alumni Pencerah Nusantara| Pemerhati Kesehatan Masyarakat, Pencerah Nusantara Batch 3, Team Karawang| Belajar tentang isu-isu kesehatan| Menyukai Buku-buku

Related Posts

Ledok, Gizi Bubur di Pulau Kapur

Ledok, Gizi Bubur di Pulau Kapur

15 April 2021
COVID-19 : Spiritualitas Orde Paling Baru

Benarkah Orang Gendut Lebih Mudah Terinfeksi COVID-19?

12 March 2021
Menjamurnya Tukang Parkir di Tengah Pandemi

Menjamurnya Tukang Parkir di Tengah Pandemi

23 January 2021
Karut Marut Mendata Maut

Inovasi Layanan Rumah Sakit pun Menjadi Keniscayaan

17 December 2020
Karut Marut Mendata Maut

Menangani COVID-19, dari Awam Sampai Berkawan

5 November 2020
Karut Marut Mendata Maut

Pandemi atau Tidak, Jangan Diskriminasi ODHA!

3 November 2020
Next Post
Renungan tentang Kekalahan saat Galungan

Renungan tentang Kekalahan saat Galungan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Melali Melali Melali

Temukan Kami

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Cerita Pohon: Dadap, Super Tree yang Terlupakan

Cerita Pohon: Dadap, Super Tree yang Terlupakan

10 September 2023
Berhitung Angka dalam Bahasa Bali

Berhitung Angka dalam Bahasa Bali

5 June 2013
Rencana Pembangunan Hidden City Ubud dan Kerisauan Warga

Rencana Pembangunan Hidden City Ubud dan Kerisauan Warga

5 September 2023
Jangan Terlambat, Lindungi Anak Sekolah dari Kerentanan Bencana di Karangasem

Jangan Terlambat, Lindungi Anak Sekolah dari Kerentanan Bencana di Karangasem

26 July 2023
Membongkar Kesalahpahaman tentang Kasta di Bali

Membongkar Kesalahpahaman tentang Kasta di Bali

4 June 2012
Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

2
Karut Marut di Jalan Terus Berlanjut

Karut Marut di Jalan Terus Berlanjut

2
Kisah Pohon di Bali: Lateng, Penjaga Hutan

Kisah Pohon di Bali: Lateng, Penjaga Hutan

1
Meneladani Hidup dari Buruh Gendong

Meneladani Hidup dari Buruh Gendong

1
Ruang Apresiasi Film nan Inklusif dari MFW9

Ruang Apresiasi Film nan Inklusif dari MFW9

27 September 2023
Baksos di Panti Asuhan Dharma Jati II

Baksos di Panti Asuhan Dharma Jati II

26 September 2023
Hari kedua MFW4 Youth Jury Camp 2018

Minikino Film Week 9: Menyaksikan Komedi tidak Biasa

26 September 2023
Nyamannya Bus Trans Sarbagita ke Nusa Dua

Melihat Transportasi Umum di Bali Bekerja

25 September 2023
Pemprov Bali Harus Segera Penuhi Kebutuhan Warga

Mengapa Sengketa Adat di Bali Begitu Rumit?

25 September 2023

Kabar Terbaru

Ruang Apresiasi Film nan Inklusif dari MFW9

Ruang Apresiasi Film nan Inklusif dari MFW9

27 September 2023
Baksos di Panti Asuhan Dharma Jati II

Baksos di Panti Asuhan Dharma Jati II

26 September 2023
Hari kedua MFW4 Youth Jury Camp 2018

Minikino Film Week 9: Menyaksikan Komedi tidak Biasa

26 September 2023
Nyamannya Bus Trans Sarbagita ke Nusa Dua

Melihat Transportasi Umum di Bali Bekerja

25 September 2023
BaleBengong.id

© 2020 BaleBengong: Media Warga Berbagi Cerita

Informasi Tambahan

  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Peringatan
  • Panduan Logo
  • Bagi Beritamu!

Temukan Kami

No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip

© 2020 BaleBengong: Media Warga Berbagi Cerita

Welcome Back!

Sign In with Facebook
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In