• Tanya Jawab
  • Mengenal Kami
  • Pemasangan Iklan
  • Kontak
  • Kontributor
    • Log In
    • Register
    • Edit Profile
Sunday, September 24, 2023
  • Login
  • Register
BaleBengong.id
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip
No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip
No Result
View All Result
BaleBengong.id
No Result
View All Result
Home Berita Utama

Mari Awasi Layanan Jaminan Kesehatan Nasional

Happy Ari by Happy Ari
23 February 2016
in Berita Utama, Pelayanan Publik
0 0
0

Layanan JKN Sanglah

Sudah saatnya warga tidak hanya pasrah ketika mendapatkan pelayanan publik.

Dari sisi aturan, warga Negara sudah memiliki kekuatan hukum untuk mengawasi layanan publik, termasuk dalam layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dari sisi teknologi informasi, warga juga sudah memiliki banyak alat untuk bersuara, seperti ponsel pintar (smartphone) dan media sosial.

Karena itu, mari kita sebagai warga menggunakan hak-hak warga dalam layanan JKN dan kesehatan secara umum. Hak pengguna ataupun peserta JKN ini dijamin Undang-Undang (UU), seperti UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU No. 29 Tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran, dan UU No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Hak Peserta JKN
Setiap peserta JKN memiliki hak sebagai berikut:
1. Mendapatkan kartu peserta sebagai bukti sah untuk memperoleh layanan kesehatan;
2. Memperoleh manfaat dan informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku;
3. Mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan; dan
4. Menyampaikan keluhan, pengaduan, kritik, dan saran secara lisan maupun tertulis ke kantor BPJS Kesehatan.

Hak Pasien
Secara garis besar, hak warga ketika menggunakan layanan kesehatan terbagi dua yaitu hak atas informasi dan hak dalam layanan.

Hak dalam Pelayanan
Ketika menjadi pasien fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, warga memiliki hak sebagai berikut:
1. Memilih layanan serta mendapatkan layanan
2. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi;
3. Menyampaikan pendapat dan keluhannya
4. Mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan medis;
5. Menolak tindakan medis;
6. Mendapatkan layanan yang efektif dan efisien
7. Mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa
8. Mendapatkan ganti rugi jika layanan tidak sebagaimana mestinya;

Hak atas Informasi
Sebagai peserta maupun pengguna JKN, warga berhak untuk memperoleh informasi yang benar, jelas, dan jujur tentang:
1. Tata tertib dan peraturan di Rumah Sakit
2. Hak dan kewajiban pasien
3. Prosedur pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan
4. Diagnosis dan tata cara tindakan medis termasuk tujuan, risiko, dan biayanya
5. Meminta pendapat dokter atau dokter lain;
6. Mendapatkan isi rekam medis.

Pengaduan
Bila peserta tidak puas dengan layanan oleh fasilitas kesehatan, peserta bisa langsung menyampaikan pengaduan kepada penyelenggara layanan kesehatan dan atau BPJS Kesehatan. Jika tidak mendapatkan layanan yang baik dari BPJS Kesehatan, maka dapat mengadu kepada Menteri Kesehatan.

Berikut adalah cara pengaduan:
1. Pada Layanan Kesehatan
a. Pastikan adanya informasi layanan pengaduan di layanan tersebut
b. Minta form pengaduan untuk pengaduan tertulis
c. Masukkan form yang sudah Anda isi pada kotak pengaduan
d. Hubungi kontak telepon pengaduan yang tersedia
e. Catat alamat email pengaduan layanan kesehatan yang bersangkutan

2. Pada BPJS Kesehatan
a. Kantor BPJS Kesehatan setempat dan Hotline Service sesuai daftar di bawah.
b. Petugas BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama.
c. Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan 500 400 pada Senin s/d Jumat (Pukul 06.00 s/d 22.00 WIB).

Kantor BPJS Kesehatan
Kantor Divisi Regional XI
(Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur)
Jl. Raya Puputan Komplek Niti Mandala Renon
Denpasar 80232
Telp. (0361) 222206

Denpasar
(Denpasar, Badung, dan Tabanan)
Jl. DI Panjaitan No 6 Niti Mandala Renon
Denpasar 80232
Telp. (0361) 225057, Hotline 08123656531

Klungkung
(Klungkung, Gianyar, Bangli, dan Karangasem)
Jl. Gajah Mada No. 55 A
Semarapura 80711
Telp. (0366) 22767, 29014, Hotline 08123655206

Singaraja
(Buleleng dan Jembrana)
Jl. Ngurah Rai No 64,
Singaraja, Buleleng
Telp. (0362) 3437000, Hotline 085237844364

Informasi diolah dari berbagai sumber.

Tags: AJAKANBaliKesehatanPelayanan Publik
ShareTweetSendSend
Anugerah Jurnalisme Warga 2021
Happy Ari

Happy Ari

ALURA (Alumni Pencerah Nusantara| Pemerhati Kesehatan Masyarakat, Pencerah Nusantara Batch 3, Team Karawang| Belajar tentang isu-isu kesehatan| Menyukai Buku-buku

Related Posts

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

24 September 2023
Klub Menulis Musik bersama Made Adnyana: Sisi Lain Dunia Musik

Klub Menulis Musik bersama Made Adnyana: Sisi Lain Dunia Musik

13 September 2023
Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

4 September 2023
Mairakilla: Energi dan Interaksi Panggung Underground

Mairakilla: Energi dan Interaksi Panggung Underground

3 September 2023
Sang Gunung Menyerahkan Jejaknya ke Laut, Alternatif Pengarsipan Sejarah

Sang Gunung Menyerahkan Jejaknya ke Laut, Alternatif Pengarsipan Sejarah

22 August 2023
Relief Bebitra, Situs Sejarah Tersembunyi di Gianyar

Relief Bebitra, Situs Sejarah Tersembunyi di Gianyar

17 August 2023
Next Post
Indonesia Raja 2016 – Call for Submissions

Indonesia Raja 2016 – Call for Submissions

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Melali Melali Melali

Temukan Kami

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Cerita Pohon: Dadap, Super Tree yang Terlupakan

Cerita Pohon: Dadap, Super Tree yang Terlupakan

10 September 2023
Berhitung Angka dalam Bahasa Bali

Berhitung Angka dalam Bahasa Bali

5 June 2013
Rencana Pembangunan Hidden City Ubud dan Kerisauan Warga

Rencana Pembangunan Hidden City Ubud dan Kerisauan Warga

5 September 2023
Jangan Terlambat, Lindungi Anak Sekolah dari Kerentanan Bencana di Karangasem

Jangan Terlambat, Lindungi Anak Sekolah dari Kerentanan Bencana di Karangasem

26 July 2023
Membongkar Kesalahpahaman tentang Kasta di Bali

Membongkar Kesalahpahaman tentang Kasta di Bali

4 June 2012
Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

2
Meneladani Hidup dari Buruh Gendong

Meneladani Hidup dari Buruh Gendong

1
Karut Marut di Jalan Terus Berlanjut

Karut Marut di Jalan Terus Berlanjut

2
Kisah Pohon di Bali: Lateng, Penjaga Hutan

Kisah Pohon di Bali: Lateng, Penjaga Hutan

1
(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

24 September 2023
Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

23 September 2023
Jalan Kaki Menikmati City Tour Semarapura

Produksi Air Minum dalam Kemasan Kian Menjamur

23 September 2023
Saran untuk yang Terhormat Para Caleg

Tantangan Perempuan di Panggung Politik dan Sekolah Perempuan Inklusi

22 September 2023
Menguji Efektivitas Bus Umum Rute Bukit Jimbaran

Menguji Efektivitas Bus Umum Rute Bukit Jimbaran

21 September 2023

Kabar Terbaru

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

24 September 2023
Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

23 September 2023
Jalan Kaki Menikmati City Tour Semarapura

Produksi Air Minum dalam Kemasan Kian Menjamur

23 September 2023
Saran untuk yang Terhormat Para Caleg

Tantangan Perempuan di Panggung Politik dan Sekolah Perempuan Inklusi

22 September 2023
BaleBengong.id

© 2020 BaleBengong: Media Warga Berbagi Cerita

Informasi Tambahan

  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Peringatan
  • Panduan Logo
  • Bagi Beritamu!

Temukan Kami

No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip

© 2020 BaleBengong: Media Warga Berbagi Cerita

Welcome Back!

Sign In with Facebook
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In