Made Mawut Sentil Norma Moral dengan “Sesat”

Made Mawut

Beberapa tahun belakangan Made Mawut kerap menjajal panggung di pelbagai event musik, cafe atau bar. Juga bergelut sebagai juru masak di unit usaha kulinernya “Nasi Bubuh 73”.

Solois blues, Made Mawut kini kembali hadir dengan racikan anyarnya. Resmi digandeng Demajors selaku distributor, Made Mawut yang lekat memainkan delta blues ini merilis single “Sesat” di sejumlah platform musik digital, Senin, 5 Agustus 2019. Single tersebut diambil dari album penuh kedua Made Mawut yang perilisan CD bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia nanti.

Single “Sesat” sendiri merupakan bentuk kekecewaan serta sindiran Made Mawut terhadap kondisi politik di tataran nasional maupun lokal. Para politikus acap kali mengesampingkan, bahkan cenderung melecehkan akal sehat. Demi kepentingan sendiri atau golongannya. Gembar-gembor demokrasi hanya lah wacana. Realitanya rakyat selalu menjadi korban.

“Lagu “Sesat” ini ditulis, karena melihat kondisi masa kampanye pemilu kemarin. Dibalik demokrasi. Norma moral dicampur seenaknya dalam urusan politik. Dimana politik memang kejam, memainkan isu agama dan ras itu yang membuat sebagian orang antipati dan masa bodoh,” katanya

“Segala cara dan tindakan demi asrat berkuasa mereka tempuh. Kita (rakyat) laiknya dijadikan domba-domba yang selalu tersesat. Kecerdasan dan akal sehat dilecehkan. Mereka handal menebar rasa takut,” ujar Made Mawut penuh tanya.

Dirilisnya single dalam versi digital ini menjadi pilihan utama musisi nyentrik ini. Mengenalkan karya anyar berupa single akan lebih memudahkan khalayak. “Di era digital yang serba cepat ini, sepertinya perilisan single akan lebih asik dinikmati sekaligus perkenalan yang lebih intim dengan musik delta blues citarasa Nusantara,” tambahnya.

Setelah melepas single “Sesat” yang diambil dari album kedua, akan disusul peluncuran video lirik. Made Mawut pun sudah ancang-acang melepas album penuhnya. Perayaan hari kemerdekaan akan menjadi momentum dirilisnya CD album penuh keduanya.

Made Mawut sendiri telah mengeluarkan album penuh perdana berjudul “Blues Krisis”, digarap swadaya tahun 2014. Berbeda di album penuh keduanya, diproduseri langsung oleh personel dari Navicula dan Dialog Dini Hari, Dadang SH Pranoto. Juga di album penuh, Made Mawut, berkolaborasi dengan Endah n Rhesa, Fendy Ritz, Truedy, Palel Atmoko, dan Eval Leftright.

Single “Sesat” dapat dicek di iTunes, Youtube, Spotify, Amazon Music, Google Play, Deezer dan Shazam.