Alasan Mengapa Wisata Bogor Begitu Digandrungi

Liburan di Bogor (dok. Traveloka)

Tak melulu soal pekerjaan, Kota Bogor juga dapat menjadi destinasi liburan.

Bepergian ke Bogor merupakan suatu rutinitas yang dilakukan berdasarkan kepentingan setiap orang. Namun, banyak orang menghabiskan waktunya di Bogor pada waktu akhir pekan atau masa liburan untuk menikmati berbagai wisata Bogor yang sudah ada. Salah satu objek wisata Bogor yang paling terkenal adalah bertemakan nuansa alam.

Bogor menjadi tempat pelarian bagi warga Ibu Kota yang tengah penat karena rutinitas harian. Selain banyak objek wisata yang disediakan. Bogor menjadi salah satu tempat berlibur yang memiliki jarak tempuh tidak terlalu lama. Artinya tempatnya mudah untuk dijangkau.

Wisata Bogor yang tidak mudah untuk Dilupakan

Bagi Anda yang melakukan perjalanan ke Bogor, tentu sudah tahu rute mana saja yang bisa Anda lalui. Banyak orang menggunakan transportasi umum untuk datang kesana. Ada pula yang menggunakan transportasi pribadi. Keduanya adalah cara yang mungkin Anda bisa Anda lakukan. Namun, tidak sedikit pula yang menggunakan jasa travel dari Bogor sendiri.

Selama di Bogor, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan objek wisata yang mungkin membingungkan. Hal ini disebabkan karena hampir semua objek wisata Bogor menarik untuk dikunjungi terutama bagi Anda yang menyukai nuansa alam. Berbagai fasilitas outbond, penginapan, penyedia makanan dan lain sebagainya bisa Anda pilih dan dapatkan sekaligus.

Hal-hal yang Harus diperhatikan saat Berwisata ke Bogor

Banyak orang datang ke Bogor dengan tujuan untuk berwisata, tanpa melihat kondisi terlebih dahulu. Hal ini memang tidak disarankan, karena ada beberapa objek wisata yang hanya bisa di kunjungi di bulan-bulan tertentu saja untuk dinikmati keindahannya. Sebagai contoh, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan saat berwisata ke Bogor.

  1. Tentukan objek wisata yang akan dikunjungi
  2. Lakukan tinjuan melalui internet terkait lokasi objek wisata
  3. Lihat cuaca yang tengah berlangsung
  4. Bawa perbekalan yang sesuai
  5. Jangan membawa barang-barang yang tidak perlu
  6. Upayakan selalu melakukan kontak komunikasi dengan pengelola objek wisata
  7. Jika hendak menginap, pastikan sudah membuat reservasi tempat untuk menginap, baik itu di hotel maupun di vila

Hal-hal tersebut bisa Anda gunakan untuk persiapan ketika hendak berwisata ke Bogor. Penting untuk diingat bahwa perjalanan tanpa persiapan hanya akan membuat Anda kesulitan, sehingga liburan Anda kurang bisa untuk dinikmati.

Objek Wisata yang ada di Bogor

Objek wisata Bogor sangat beragam, diantaranya:

Curug

Curug merupakan salah satu objek wisata air terjun yang terjadi secara alami. Curug biasanya memiliki ketinggian sedang hingga sangat tinggi. Jatuhan air dari atas akan membuat Anda sangat rileks dan segar saat berada disana. Anda juga bisa berendam di dalam kolam air tersebut.

Kebun Raya

Salah satu upaya pemerintah Kota Bogor dalam mendukung penelitian adalah dengan mendirikan Kebun Raya. Di dalamnya terdapat aneka tumbuhan yang secara khusus di tanam untuk kebutuhan penelitian. Nah, tidak hanya untuk kebutuhan penelitian saja, kini Kebun Raya juga dijadikan objek wisata edukasi bagi para pengunjung. Salah satu Kebun Raya yang terkenal di Bogor adalah Kebun Raya Bogor dengan 15.000 spesies tumbuhan.

Wahana Rafting

Bagi Anda yang menyukai objek wisata olahraga yang menantang adrenalin, maka perlu mencoba wahana rafting atau arung jeram. Terdapat lokasi rafting yang sangat menantang adrenalin dengan lika-liku jeram. Sesekali banyak bebatuan yang bisa menumbangkan Anda dan pasukan saat melakukan arung jeram.

Kuliner

Bicara soal tempat wisata, maka Kuliner adalah bagian yang tidak akan terpisahkan. Saat berwisata Anda tentu membutuhkan makanan. Berbagai makanan khas Bogor tersedia untuk wisatawan yang datang saat berkunjung. Tidak hanya makanan tradisional saja yang disediakan. Ada pula makanan mancanegara yang dihidangkan untuk menyesuaikan dengan pengunjung, karena ada juga wisatawan yang berasal dari mancanegara.

Berkunjung ke Bogor memang hal yang tidak asing dilakukan. Jaraknya yang dekat serta waktu tempuh yang sebentar, membuat Bogor banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Apabila Anda termasuk sebagai orang yang tengah berencana ke Bogor, Anda perlu memperhatikan hal-hal diatas supaya liburan Anda menyenangkan.