Sambil Kondangan sekalian Liburan di Yogyakarta

Jalan Malioboro di Yogyakarta (Foto: Shutterstock)

Kesempatan liburan di sela kondangan.

Bepergian saat musim liburan sudah biasa. Tempat wisata sudah pasti ramai pengunjung. Harga tiket pesawat melonjak. Belum lagi kamar penginapan penuh. Sebenarnya acara tertentu bisa dibarengi dengan liburan.  Contohnya saat kondangan ke luar kota.

Saat ada sahabat menikah di luar kota, tentu senang sekali bila dapat undangan. Selain menyaksikan acara terpenting sahabat, undangan ini dapat menjadi alasan berlibur. Saya pun senang memanfaatkannya.

Seperti pagi ini, ada kabar bahagia datang dari sahabat masa kuliah yang akan menikah. Ia mengundang saya dan beberapa teman dekat ke pesta pernikahan di kota asalnya, Yogyakarta. Saya pun mengatur strategi dengan teman-teman yang berencana pergi bersama.

Semua dimulai dengan mencari waktu yang tepat. Kami harus memastikan pengajuan cuti disetujui tempat kerja masing-masing. Pernikahannya dilaksanakan pada hari Minggu. Kami memutuskan berangkat pada hari Sabtu pagi dan pulang pada hari Senin malam. Sembari menunggu kepastian cuti, tak ada salahnya mulai mengecek harga tiket pesawat.

Saya pun mengaktifkan fitur Notifikasi Harga di Traveloka.com, agar dapat pemberitahuan harga terbaik untuk tiket pesawat yang diinginkan.

Selanjutnya, penginapan. Dana liburan dadakan ini harus dihitung cermat. Namanya juga mendadak, dananya pun tak banyak. Kami memutuskan untuk mencari homestay di sini. Banyak juga nih pilihannya.

Kami mulai dengan memilih tujuan perjalanan kami di Yogyakarta. Pernikahan sahabat kami dilaksanakan di Bantul, dekat ISI Yogyakarta. Tapi, kami mau jalan-jalan di pusat kota. Jadilah kami memilih penginapan di dekat Malioboro.

Pilihan mulai menyempit. Masih ada beberapa homestay yang bisa dipilih. Harganya juga bersaing. Fasilitas cukup beragam, tapi kami sih tak perlu banyak fasilitas. Yang penting penginapan bersih dan nyaman. Tak perlu TV ataupun kolam renang.

Untungnya Traveloka.com menyajikan informasi yang sangat lengkap. Tak hanya fasilitas dan foto kamar, tapi ada gambaran tempat-tempat wisata di sekitar penginapan. Jadi kami bisa lebih mudah memilih penginapan sekaligus memetakan perjalanan. Selain itu ada penilaian konsumen yang cukup memengaruhi pilihan kami.

Tiket pesawat sudah dipesan, penginapan juga sudah dipilih. Kini, kami mengumpulkan informasi tempat wisata yang akan dikunjungi. Ada banyak pilihan yang dapat dilakukan di Malioboro, mulai dari belanja oleh-oleh, makan hingga tempat bersejarah.

Ini dia daftarnya.

  1. Museum Benteng Vredeburg

Jika suka berkunjung ke museum atau monumen bersejarah, Museum Benteng Vredeburg harus masuk daftar wajib. Benteng Vredeburg dibangun oleh pihak Belanda untuk mengawasi segala kegiatan yang dilakukan pihak keraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg menjadi museum yang berisi empat ruang diorama. Setiap diorama menggambarkan sejarah Kota Yogyakarta sebagai ibukota Kasultanan Yogyakarta dan ibukota NKRI.

  1. Pasar Beringharjo

Inilah surga belanja bernilai historis di Yogyakarta, yaitu Pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan pusat transaksi ekonomi Yogyakarta yang melewati tiga fase, kerajaan, penjajahan dan kemerdekaan. Berbagai jenis barang dapat ditemukan di sini, seperti batik, pakaian, barang antik, jajanan, hingga sembako.

  1. Bukit Bintang

Sebenarnya ini cukup jauh dari Malioboro ya. Bukit Bintang terletak di perbatasan Gunung Kidul dan Bantul. Berhubung kondangan di sekitar Bantul, tak ada salahnya mampir menikmati kerlap-kerlip bintang sebelum kembali ke penginapan.

Semua rencana kondangan dan liburan sudah siap. Sampai jumpa di Yogyakarta! [b]