“Pang Ci Nawang”, Kejujuran tentang Kontrasnya Kehidupan Musisi Bali

Marco Punk Bali segera luncurkan single dan video klip terbaru mereka, “Pang Ci Nawang”.

Marco Punk Bali, band indie berbahasa Bali yang mengusung aliran alternative punk, terbentuk pada tahun 2008, awalnya, merupakan sebuah projek sampingan dari Komar, bersama gitaris lolot Doni Lesmana, Lelut (Bass), serta Hendra (drum).

Seiring waktu, karena kesibukan masing-masing, akhinya Doni Lesmana mengundurkan diri sebagai gitaris dan hanya ingin fokus memproduseri Marco Punx Bali. Keluarnya Doni diikuti oleh Lelut dan Hendra. Tak lama, formasi barupun dibentuk.

Marco Punx Bali aktif menciptakan lagu-lagu dengan formasi baru ini yang terdiri dari I Komang Eka Darma Usadha (37) alias Komar pada vokal; I Made Gede Adi Kusuma (30) alias Adi pada gitar; I Komang Dedy Suryawan (33) alias Marlyn pada bass; dan I Made Ade Ananta Saputra (30) alias Ade di drum.

“Pang Ci Nawang” merupakan single keempat. Penggarapan single ini menghabiskan sekitar setahun lamanya, karena kesibukan pekerjaan masing-masing personil.

Dia digadang-gadang mampu memberikan alternatif musik berbahasa Bali melanjutkan single-single sebelumnya. Pada 2015, band ini mengawali dengan merilis “Tresna Setonden Mati”, lalu dilanjutkan dengan “De Ngutang Lulu Ngawag-Ngawang” (2016), dan “Jelema Serakah” (2017).

Pang Ci Nawang merupakan lagu yang sangat berarti bagi saya. Lagu ini adalah cerminan dari kehidupan saya di mana saya bisa menjadi figur ayah, suami, dan juga penulis lagu serta vokalis band seperti saat ini dalam sekali waktu. Saya menyadari pilihan saya untuk menjalani itu semua dengan sangat sederhana,” ujar Komar, pentolan Marco Punx Bali.

Marlyn (Gitaris) menambahkan lagu ini mewakili kesadaran mereka akan kesetaraan terhadap kaum perempuan. “Di mana laki-laki juga pada imbang berbagi peran dengan perempuan untuk menjalankan tugas-tugas dan keputusan dalam lingkup keluarga di Bali,” ujarnya saat konferensi pers di Kubu Kopi, Denpasar pada Selasa, 28 Januari 2020.

Marco Punk Bali rilis Single Pang Ci Nawang

Ungkapan Kejujuran

Pang Ci Nawang adalah bentuk ungkapan kejujuran Marco Punk Bali dalam bermusik dan berkehidupan. Image di panggung bisa saja dibentuk tapi keputusan untuk berani jujur menunjukan kehidupan keseharian adalah pilihan yang diambil oleh band ini. Marco Punk Bali merasa ketika mereka bermusik secara jujur akan mempermudah mereka dalam berkarya.

Tak tanggung-tanggung, bukan hanya lagu terbaru yang akan diluncurkan oleh Marco Punx Bali, acara yang akan diadakan meriah di Antida SoundGarden, Jl. Waribang No. 32 Kesiman, Denpasar ini juga akan dihiasi oleh Video Klip yang diambil dari lagu Pang Ci Nawang tersebut.

Ayyiek Falgunadi, sutradara yang mengkonsepkan dan membuat video klip ini mengatakan bahwa video klip ini sangat sederhana dibuat dengan waktu yang tidak lama, yaitu tiga hari dengan berdurasi kurang dari tiga menit.

“Konsepnya diambil dari kehidupan Komar. Intinya, perbedaan kehidupan dia di rumah, sebagai suami dan bapak dengan kehidupan dia sebagai personel band,” ungkapnya.

Selain itu, acara yang akan berlangsung pada Kamis, 30 Januari 2020 ini akan dimeriahkan musisi berbahasa Bali lain. Mereka akan akan tampil di panggung yang terkonsep tersendiri. Sebut saja Bayu KW, penyanyi Bali yang bangkit kembali dengan Supir Kapal 2 pada tahun 2019 ini. Bayu KW akan turut mengambil bagian pada acara ini akan tampil di “Panggung Ci“.

Kemudian ada juga Made Bawa “Lolot” yang akan membawakan lagu-lagunya secara akustik di panggung di “Panggung Cang“. Panggung utama “Panggung Nawang Ci” akan menampilkan penampilan utama Marco Punk Bali.

Acara ini dikemas sengaja dikemas secara spesial dengan menghadirkan tiga musisi di tiga panggung yang berbeda. Sebagai penutup, akan tampil DJ Saylow yang akan mengisi seluruh telinga pengunjung dengan irama koplo yang akan menutup perayaan rilis ini.

Acara pesta rilis ini akan digelar tanpa memungut biasa dari penonton dan diharapkan penggemar Marco Punx Bali dapan ikut berpesta malam itu.

Video klip “Pang Ci Nawang” nantinya dapat di tonton melalui kanal youtube Marco Punk Bali: https://www.youtube.com/channel/UCL9UfyoKYb4xZeWeHZ0PnSw

Lirik lagu “PANG CI NAWANG”

Sing ade ne nawang. tiang sube ngeleh kurenan
Sing ade percaye tiang sube ngelah nak cerik

Reff

Di jumah tiang manting
Di jumah tiang ngempu
Di jumah tiang nyampat
Apang pade imbang
Sing ade ne nawang di jumah tiang bise nerik
Sing ade percaye di jumah tiang bise ngepel


back to reff