Pameran Poster Kampanyekan Hening Sedunia

Teks dan Ilustrasi Dikirim Arief Budiman

Bumi memang semakin tak ramah, penyebab utamanya adalah kesemena-menaan manusia dalam menjalankan hidupnya yang tidak terkontrol. Perubahan iklim dan pemanasan global hari demi hari menggerus bumi sehingga berakibat malapetaka bagi manusia sebagai penghuninya.

Manusia harus belajar dari kearifan lokal serta tradisi budaya di Bali melalui Hari Nyepi dimana dalam 24 jam mampu menghentikan 20.000 ton CO2 dan menghemat listrik sebesar Rp 5 milyar.

Hari Nyepi yang berdimensi ekologi dan pesan universal ini mengilhami gagasan World Silent Day, yang pertamakali diajukan di depan peserta United Nations Climate Change Conference (UNFCCC) di Bali pada tahun 2007 untuk mengajak umat manusia sedunia menghemat penggunaan energi dan mengurangi emisi gas buang dalam kesehariannya. Kampanye ini dikoordinasi oleh komunitas nirlaba “Bali Collaboration on Climate Change” yang kemudian digulirkan kepada publik secara mandiri.

Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) bersama Bali Creative Community sebagai komunitas dan asosiasi profesi yang memiliki tanggung jawab profesi dan sosial, berinisiatif untuk berpartisipasi mensukseskan kampanye World Silent Day melalui program Pameran Poster Internasional World Silent Day dengan cara membuat seri pameran yang pada tahun 2010 ini dimulai di Bangkok, Bali dan Jakarta.

Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) bersama Bali Creative Community mengundang 80 desainer terbaik Indonesia dan Asia untuk turut mendesain poster World Silent Day versi masing-masing desainer sebagai kontribusi kreatif dalam bentuk visual dan komunikasi media bagi suksesnya kampanye World Silent Day.

Pada tanggal 20-30 November untuk pertamakalinya proyek ini akan dipamerkan di Bangkok Art & Design Center dalam rangkaian acara Bangkok Design Festival 2010. Menurut Ayip, ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia “Pameran ini sekaligus sebagai program jaringan internasional Adgi bersama BCC dalam mengedepankan kiprah desainer Indonesia di dunia global, sekaligus menumbuhkan rasa kebersamaan lewat budaya”.

Rudolf Dethu mewakili Bali Creative Community menyampaikan bahwa kolaborasi ini sangat penting guna memberikan dorongan kuat membangun solidaritas melalui kebersamaan. Kampanye World Silent Day diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam upayanya membangun kesadaran akan pentingnya menjaga bumi bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Untuk informasi hubungi:
Zinnia N. Sompie
Director of International Relations
and Strategic Partnership – Adgi 2010-2012
Telp: +62811800916
Email: zinniasompie@yahoo.com

Untuk informasi World Silent Day
dapat mengakses www.worldsilentday.org