• Tanya Jawab
  • Mengenal Kami
  • Pemasangan Iklan
  • Kontak
  • Kontributor
    • Log In
    • Register
    • Edit Profile
Sunday, September 24, 2023
  • Login
  • Register
BaleBengong.id
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip
No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip
No Result
View All Result
BaleBengong.id
No Result
View All Result
Home Berita Utama

Memantau Layanan JKN di Dua Rumah Sakit

Wayan Widyantara by Wayan Widyantara
10 October 2015
in Berita Utama, Kabar Baru, Pelayanan Publik
0 0
0

Layanan JKN Sanglah

Bersabar mengantre, begitulah jawaban pengguna JKN.

Tingginya angka pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mencapai 600 pasien per hari di Sanglah membuat pihak BPJS Center merasa kewalahan. Bagaimana cerita dan pelayanan di rumah sakit lain?

Beberapa waktu yang lalu, puluhan orang terlihat ramai duduk santai di depan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Center Rumah Sakit Sanglah. Tiap orang memegang map berisi persyaratan untuk menggunakan BPJS miliknya.

Satu persatu, warga mengambil antrean nomer urut untuk mendapatkan pelayanan layaknya seperti di bank.

Seorang laki-laki berjaket tipis duduk termenung dengan tangan kanannya sambil memegang map berwarna hijau. “Lagi menunggu, Pak?” saya tanya dia lalu duduk di sampingnya.

Namanya I Wayan Bagia, 34 tahun. Dia baru 20 menit lebih mengurus BPJS di sini tapi belum juga kelar. “Saya mau urus BPJS, ini masih menunggu nomer antrean,” ungkapnya.

Hari itu BPJS Center Sanglah memang ramai. Maklum, namanya juga Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP dan menjadi rujukan rumah sakit di Bali Nusra. Jumlah pasien JKN per hari, menurut keterangan petugas BPJS Center, mencapai angka 600 per hari.

Di depan ruang tunggu pengguna JKN terdapat 4 buah X Banner, kotak saran berbagai bentuk informasi mengenai JKN.

Pelayanan JKN di RS Sanglah meliputi Rawat jalan Tingkat lanjut, rawat inap tingkat lanjut, pelayanan persalinan, gawat darurat, obat untuk rawat jalan dan rawat inap, alat kesehatan, rujukan parsial, ambulan dan obat penyakit kronis.

RS Sanglah sendiri telah menyiapkan 5 loket khusus untuk melayani peserta BPJS Kesehatan. Menurut dr. Dewi, penanggung jawab BPJS center saat ditemui diruangannya, RS Sanglah memiliki tujuh petugas di BPJS Center. Empat dari pihak BPJS center dan tiga dari RS Sanglah.

“Semua dicampur aduk di sana untuk memberi pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ruang kursi tunggu pengguna BPJS berkapasistas 56 tempat duduk. BPJS Center sendiri ruangannya berdekatan dengan loket Asuransi Jaminan Kesehatan Bali Mandara, sehingga cukup sesak bagi para pasien.

Untuk pelayanan sosialisasi, pihak BPJS Center di RS Sanglah, tiap pagi melakukan kegiatan rutinitas untuk memberikan informasi. Isinya mengenai tentang proses administrasi BPJS kesehatan yang dilakukan kepada para pasien.

Sementara itu kondisi berbeda terjadi di Puskesmas Dentim II. Tidak ada petugas BPJS Kesehatan di Puskesmas untuk membantu jalannya proses administrasi.

“Saya hanya menghandalkan petugas saya untuk pelayananan BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang berobat ke sini menggunakan BPJS,” ungkap kepala puskesmas Dentim II, Buda Wisnawa.

Kepala Puskemas Dentim II ini berharap adanya petugas BPJS ada di setiap puskesmas untuk membantu pelayanan kepada pasien. “Harapan saya sih ada petugas BPJS untuk membantu entry data pasien, karena kami selalu mengalami kesulitan di sana,” pintanya.

Permasalahan tersebut ternyata juga dikeluhkan oleh pasien Puskesma, Wayan Dibia, 30 saat sedang mengunjungi Puskesmas Dentim II.

“Saya bingung proses administrasi mengenai rujukan, makanya saya datang kesini untuk bertanya kepada pihak Puskesmas,” ungkapnya.

Meski pihak puskesmas Dentim II mengaku sudah melakukan sosialisasi sebulan sekali, ternyata bagi Dibia kurang berpengaruh karena melihat pengguna BPJS saat ini sudah semakin banyak. [b]

Tags: AJAKANBPJS KesehatanJKNPelayanan Publik
ShareTweetSendSend
Anugerah Jurnalisme Warga 2021
Wayan Widyantara

Wayan Widyantara

Sekjen Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia Dewan Kota Bali (PPMI DK Bali) 2012-2014. Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Kertha Aksara 2012-2013.

Related Posts

Menjamurnya Tukang Parkir di Tengah Pandemi

Menjamurnya Tukang Parkir di Tengah Pandemi

23 January 2021
Saatnya Warga Awasi Bantuan dan Alkes COVID-19

Bali juga Pantau Distribusi Bansos COVID-19

13 June 2020
Saatnya Warga Awasi Bantuan dan Alkes COVID-19

Saatnya Warga Awasi Bantuan dan Alkes COVID-19

3 June 2020
Jadi, Kapan Pak Gubernur Bali Kelola Akun Twitter?

Jadi, Kapan Pak Gubernur Bali Kelola Akun Twitter?

19 February 2019
Biarkanlah Pesta Demokrasi ini tetap menjadi Pesta

Inilah Rencana Pembangunan Gubernur Bali Terpilih

11 September 2018
Badung Pasti Bisa Manfaatkan Lahan Tidur Milik Negara

Badung Pasti Bisa Manfaatkan Lahan Tidur Milik Negara

25 August 2018
Next Post
Tari Rejang Massal Meriahkan Nusa Penida Festival 2015

Tari Rejang Massal Meriahkan Nusa Penida Festival 2015

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Melali Melali Melali

Temukan Kami

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Cerita Pohon: Dadap, Super Tree yang Terlupakan

Cerita Pohon: Dadap, Super Tree yang Terlupakan

10 September 2023
Berhitung Angka dalam Bahasa Bali

Berhitung Angka dalam Bahasa Bali

5 June 2013
Rencana Pembangunan Hidden City Ubud dan Kerisauan Warga

Rencana Pembangunan Hidden City Ubud dan Kerisauan Warga

5 September 2023
Jangan Terlambat, Lindungi Anak Sekolah dari Kerentanan Bencana di Karangasem

Jangan Terlambat, Lindungi Anak Sekolah dari Kerentanan Bencana di Karangasem

26 July 2023
Membongkar Kesalahpahaman tentang Kasta di Bali

Membongkar Kesalahpahaman tentang Kasta di Bali

4 June 2012
Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

Gemuruh di Bali Utara: Hulutara, Irama Utara, Beluluk (Bagian 1)

2
Meneladani Hidup dari Buruh Gendong

Meneladani Hidup dari Buruh Gendong

1
Karut Marut di Jalan Terus Berlanjut

Karut Marut di Jalan Terus Berlanjut

2
Kisah Pohon di Bali: Lateng, Penjaga Hutan

Kisah Pohon di Bali: Lateng, Penjaga Hutan

1
(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

24 September 2023
Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

23 September 2023
Jalan Kaki Menikmati City Tour Semarapura

Produksi Air Minum dalam Kemasan Kian Menjamur

23 September 2023
Saran untuk yang Terhormat Para Caleg

Tantangan Perempuan di Panggung Politik dan Sekolah Perempuan Inklusi

22 September 2023
Menguji Efektivitas Bus Umum Rute Bukit Jimbaran

Menguji Efektivitas Bus Umum Rute Bukit Jimbaran

21 September 2023

Kabar Terbaru

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

(Esai foto) Menikmati GWK dari Luar

24 September 2023
Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

Menguji Akses Publik di KEK Kura Kura Bali Hasil Reklamasi Serangan

23 September 2023
Jalan Kaki Menikmati City Tour Semarapura

Produksi Air Minum dalam Kemasan Kian Menjamur

23 September 2023
Saran untuk yang Terhormat Para Caleg

Tantangan Perempuan di Panggung Politik dan Sekolah Perempuan Inklusi

22 September 2023
BaleBengong.id

© 2020 BaleBengong: Media Warga Berbagi Cerita

Informasi Tambahan

  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Peringatan
  • Panduan Logo
  • Bagi Beritamu!

Temukan Kami

No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Arsip

© 2020 BaleBengong: Media Warga Berbagi Cerita

Welcome Back!

Sign In with Facebook
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In