• Beranda
  • Pemasangan Iklan
  • Kontak
  • Bagi Beritamu!
  • Tentang Kami
Friday, June 13, 2025
  • Login
BaleBengong.id
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Travel
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Teknologi
  • Gaya Hidup
  • Arsip
No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Travel
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Teknologi
  • Gaya Hidup
  • Arsip
No Result
View All Result
BaleBengong
No Result
View All Result
Home Berita Utama

Memantau Layanan JKN di Dua Rumah Sakit

Wayan Widyantara by Wayan Widyantara
10 October 2015
in Berita Utama, Kabar Baru, Pelayanan Publik
0 0
0

Layanan JKN Sanglah

Bersabar mengantre, begitulah jawaban pengguna JKN.

Tingginya angka pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mencapai 600 pasien per hari di Sanglah membuat pihak BPJS Center merasa kewalahan. Bagaimana cerita dan pelayanan di rumah sakit lain?

Beberapa waktu yang lalu, puluhan orang terlihat ramai duduk santai di depan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Center Rumah Sakit Sanglah. Tiap orang memegang map berisi persyaratan untuk menggunakan BPJS miliknya.

Satu persatu, warga mengambil antrean nomer urut untuk mendapatkan pelayanan layaknya seperti di bank.

Seorang laki-laki berjaket tipis duduk termenung dengan tangan kanannya sambil memegang map berwarna hijau. “Lagi menunggu, Pak?” saya tanya dia lalu duduk di sampingnya.

Namanya I Wayan Bagia, 34 tahun. Dia baru 20 menit lebih mengurus BPJS di sini tapi belum juga kelar. “Saya mau urus BPJS, ini masih menunggu nomer antrean,” ungkapnya.

Hari itu BPJS Center Sanglah memang ramai. Maklum, namanya juga Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP dan menjadi rujukan rumah sakit di Bali Nusra. Jumlah pasien JKN per hari, menurut keterangan petugas BPJS Center, mencapai angka 600 per hari.

Di depan ruang tunggu pengguna JKN terdapat 4 buah X Banner, kotak saran berbagai bentuk informasi mengenai JKN.

Pelayanan JKN di RS Sanglah meliputi Rawat jalan Tingkat lanjut, rawat inap tingkat lanjut, pelayanan persalinan, gawat darurat, obat untuk rawat jalan dan rawat inap, alat kesehatan, rujukan parsial, ambulan dan obat penyakit kronis.

RS Sanglah sendiri telah menyiapkan 5 loket khusus untuk melayani peserta BPJS Kesehatan. Menurut dr. Dewi, penanggung jawab BPJS center saat ditemui diruangannya, RS Sanglah memiliki tujuh petugas di BPJS Center. Empat dari pihak BPJS center dan tiga dari RS Sanglah.

“Semua dicampur aduk di sana untuk memberi pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Ruang kursi tunggu pengguna BPJS berkapasistas 56 tempat duduk. BPJS Center sendiri ruangannya berdekatan dengan loket Asuransi Jaminan Kesehatan Bali Mandara, sehingga cukup sesak bagi para pasien.

Untuk pelayanan sosialisasi, pihak BPJS Center di RS Sanglah, tiap pagi melakukan kegiatan rutinitas untuk memberikan informasi. Isinya mengenai tentang proses administrasi BPJS kesehatan yang dilakukan kepada para pasien.

Sementara itu kondisi berbeda terjadi di Puskesmas Dentim II. Tidak ada petugas BPJS Kesehatan di Puskesmas untuk membantu jalannya proses administrasi.

“Saya hanya menghandalkan petugas saya untuk pelayananan BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang berobat ke sini menggunakan BPJS,” ungkap kepala puskesmas Dentim II, Buda Wisnawa.

Kepala Puskemas Dentim II ini berharap adanya petugas BPJS ada di setiap puskesmas untuk membantu pelayanan kepada pasien. “Harapan saya sih ada petugas BPJS untuk membantu entry data pasien, karena kami selalu mengalami kesulitan di sana,” pintanya.

Permasalahan tersebut ternyata juga dikeluhkan oleh pasien Puskesma, Wayan Dibia, 30 saat sedang mengunjungi Puskesmas Dentim II.

“Saya bingung proses administrasi mengenai rujukan, makanya saya datang kesini untuk bertanya kepada pihak Puskesmas,” ungkapnya.

Meski pihak puskesmas Dentim II mengaku sudah melakukan sosialisasi sebulan sekali, ternyata bagi Dibia kurang berpengaruh karena melihat pengguna BPJS saat ini sudah semakin banyak. [b]

Tags: AJAKANBPJS KesehatanJKNPelayanan Publik
Liputan Mendalam BaleBengong.ID
Wayan Widyantara

Wayan Widyantara

Sekjen Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia Dewan Kota Bali (PPMI DK Bali) 2012-2014. Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Kertha Aksara 2012-2013.

Related Posts

Tarif Parkir di Denpasar Naik, Apakah Pelayanannya Asyik?

Tarif Parkir di Denpasar Naik, Apakah Pelayanannya Asyik?

30 May 2024
Menjamurnya Tukang Parkir di Tengah Pandemi

Menjamurnya Tukang Parkir di Tengah Pandemi

23 January 2021
Saatnya Warga Awasi Bantuan dan Alkes COVID-19

Bali juga Pantau Distribusi Bansos COVID-19

13 June 2020
Saatnya Warga Awasi Bantuan dan Alkes COVID-19

Saatnya Warga Awasi Bantuan dan Alkes COVID-19

3 June 2020
Jadi, Kapan Pak Gubernur Bali Kelola Akun Twitter?

Jadi, Kapan Pak Gubernur Bali Kelola Akun Twitter?

19 February 2019
Biarkanlah Pesta Demokrasi ini tetap menjadi Pesta

Inilah Rencana Pembangunan Gubernur Bali Terpilih

11 September 2018
Next Post
Tari Rejang Massal Meriahkan Nusa Penida Festival 2015

Tari Rejang Massal Meriahkan Nusa Penida Festival 2015

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan Kami

Kelas Literasi BaleBengong
Melali Melali Melali
Seberapa Aman Perilaku Digitalmu? Seberapa Aman Perilaku Digitalmu? Seberapa Aman Perilaku Digitalmu?

Kabar Terbaru

Menimbang Program Ecobrick di Sekolah Jembrana

Menimbang Program Ecobrick di Sekolah Jembrana

13 June 2025
Budaya Ngayah Makin Langah

Budaya Ngayah Makin Langah

13 June 2025
Temu Teknologi di Serangan

Temu Teknologi di Serangan

12 June 2025
Gumi Serombotan: Industri Kain Tradisional Melaju, Anak Mudanya Berlayar

Gumi Serombotan: Industri Kain Tradisional Melaju, Anak Mudanya Berlayar

12 June 2025
BaleBengong

© 2024 BaleBengong Media Warga Berbagi Cerita. Web hosted by BOC Indonesia

Informasi Tambahan

  • Iklan
  • Peringatan
  • Kontributor
  • Bagi Beritamu!
  • Tanya Jawab
  • Panduan Logo

Temukan Kami

Welcome Back!

Sign In with Facebook
OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Liputan Mendalam
  • Berita Utama
  • Opini
  • Travel
  • Lingkungan
  • Sosok
  • Budaya
  • Sosial
  • Teknologi
  • Gaya Hidup
  • Arsip

© 2024 BaleBengong Media Warga Berbagi Cerita. Web hosted by BOC Indonesia