PS Kesehatan Masyarakat Unud Melatih Kader Siswa Peduli Jentik

siswa SD dilatih permainan ular tangga

Program Studi (PS) Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana melakukan pengabdian masyarakat di SDN 3 Tulikup, Gianyar pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Pengabdian ini berbentuk pelatihan siswa SD peduli jentik sebagai upaya untuk mengendalikan kejadian demam berdarah dengue (DBD) oleh nyamuk Aedes aegypti.

Kegiatan ini melibatkan tiga PS Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana dan tujuh mahasiswa sebagai fasilitator pelatihan.

Sebagai ketua panitia, menurut saya, pengabdian ini merupakan bentuk partisipasi universitas sebagai lembaga pendidikan untuk aktif dalam menanggulangi kejadian DBD.

Sekolah adalah salah satu tempat potensial penyebaran DB. Oleh karena itu siswa harus dilatih sejak dini untuk mengetahui cara memberantas sarang nyamuk. Salah satunya dengan menjadi siswa peduli jentik.

Dalam pengabdian ini siswa SD juga dilatih dengan menggunakan media interaktif permainan ular tangga. Mereka dapat belajar sambil bermain sehingga lebih menyenangkan tambahnya. Kepadatan jentik yang tinggi di suatu wilayah menjadi faktor risiko terjadinya penyebaran DBD di suatu wilayah.

Para siswa mengaku senang dilakukan pelatihan seperti ini. Mereka merasakan belajar sambil bermain tentang demam berdarah dengue. Mereka juga mendapatkan hadiah setiap mampu menjawab pertanyaan fasilitator. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi di sekolahnya.