Persaingan Toko Gawai Makin Ketat

Tiada teknologi yang abadi. Kecepatan perkembangan produk teknologi juga berdampak pada persaingan toko penjualnya.

Salah satu outlet yang meresmikan sejumlah model gerai baru adalah jaringan Erafone. Istilah toko ponsel atau selular kini perlahan tak dipakai karena teknologi internet diaplikasikan di barang kebutuhan sehari.

Erafone mengklaim sebagai Megastore 3.0, sebuah konsep outlet terbaru dari Erajaya Retail Group. Setelah Erafone Megastore diperkenalkan pada 2011, kemudian Megatore 2.0 pada 2015, kini lahir konsep Megastore 3.0. Konsep ini digarap oleh White Space, store designer internasional dari Thailand. Menghadirkan design yang disebut state-of-the-art, memanjakan konsumen dengan hands-on experience karena semua produk dilengkapi dengan live demo unit, baik smartphone, drone, action camera, sport watch, audio, berbagai produk ekosistem lainnya.

Gerai dibagi dalam 4 bagian utama, Product Live Demonstration area di mana konsumen bisa mencoba semua fitur ponsel, tablet, smartphone pilihannya secara langsung, Digital Lifestyle Experience untuk produk Internet of Things seperti Cage untuk mencoba produk drone, area aksesoris yang dedikasi per-merk brand, dan Set-up Lounge yang dikhususkan untuk kenyamanan Konsumen saat mencoba produk, layanan purna jual ataupun konsultasi dengan staf.

Pada 9 November lalu, PT Erafone Artha Retailindo (EAR), anak usaha Erajaya Group, meresmikan tokonya di Jalan Teuku Umar, Denpasar. Juga serentak gerai lain di Bali dan Jawa Timur yakni di Gatot Subroto Barat, Denpasar, Jl. Raya Rungkut No. 75, Surabaya, dan Jl. Basuki Rahmat, Tuban, Jawa Timur.

Djatmiko Wardoyo, Director Marketing of Erajaya Group mengatakan pihaknya melakukan survei yang mendalam terhadap perilaku, ekspektasi, dan preferensi Konsumen di Indonesia. Ia memberi catatan, sengaja menggunakan huruf kapital di kata “Konsumen”.

Selama masa Grand Opening yang berlangsung tiga hari dari tanggal 9-11 November 2018, Erafone Megastore 3.0 Teuku Umar Bali, dan 3 Erafone Megastore lainnya memberikan berbagai promosi di antaranya promo super sale, smartphone dan accessories mulai dari 9 ribu, potongan harga smartphone hingga 2,8 juta, Samsung smartphone hemat hingga 2 juta, beli smartphone dapat hadiah langsung Samsung Galaxy J2 Pro, DJI Spark, Jabra Halo Fusion, Instax Share SP Gold, sepeda, dan hadiah lainnya.

Berdiri pada tahun 1996, Erajaya menjalankan kegiatan usaha importir, distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card (SIM Card), voucher isi ulang operator, jaringan selular, aksesoris, serta gadget dan produk Internet of Things (IoT) seperti drone, action camera, wearable devices, dan lain-lain. Pada tahun 2011, Erajaya resmi menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Lalu sebagai konsumen, apa yang perlu dibekali? Paling mudah adalah bertanya pada diri sendiri apakah produk yang dibeli sesuai kebutuhan atau hanya sekadar gaya hidup? Kini makin banyak ulasan produk yang tersebar, pastikan mendapat referensi tambahan dari sumber-sumber lain juga, tak hanya satu.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*