Libur Panjang, Nusa Penida Dibanjiri Wisatawan

Turis di Nusa Penida selama libur Lebaran 2018. Foto Santana Ja Dewa.

Nusa Penida makin populer sebagai tempat wisata.

Libur panjang cuti Lebaran kali ini banyak wisatawan menikmati liburan mereka ke tempat wisata yang lagi instagramable di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Lonjakan wisatawan yang berdatangan dari sejumlah pelabuhan seperti Kusamba, Klungkung dan Sanur.

Pembelian tiket khusus di Sanur sudah dipesan jauh-jauh hari, tetapi penumpang tetap menumpuk di pelabuhan. Tak hanya domestik, wisatawan mancanegara pun mengalami lonjakan.

Eksotisme pulau yang dikenal dengan sebutan The Blue Paradise Island menjadi pilihan pelancong. Wisata alam dan spiritual sebuah kalaborasi wisata yang dikembangkan.

Pantai berpasir putih dengan balutan artistik karang mempesona meluluhkan hati penikmat pelancong. Sementara wisata spiritual juga menarik mulai Pura Penataran Ped, Goa Giri Putri, Puncak Mundi, Batumedawu, dan satu lagi Pura yang sekarang ramai dikunjungi warga yakni Pura Segara Kidul yang letaknya di mata air Guyangan.

Petugas loket di Sanur Chaca Aries saat dikonfirmasi, Sabtu (16/6) mengatakan wisatawan yang datang sejak sebulan lalu mengalami peningkatan. Lebih lagi saat ini sedang liburan panjang medongkrak wisatawan yang berkunjung.

Penyeberangan melalui pantai Sanur paling ramai khusus untuk wisatawan mancanegara. Trip pagi hampir pertengahan bulan ini sudah dibooking sebelumnya. Kepadatan penumpang pun tak terbendung.

“Dalam satu perjalanan atau trip dalan sehari melayani 16 kali terhitung bolak-balik Sanur menuju Nusa Penida, 8 trip dari Nusa Penida dan Sanur,” ucapnya.

Pantauan di penyeberangan Kusamba, Klungkung dari pagi antrian penumpang menumpuk. Sebagain besar dari penumpang berwisata spiritual sekaligus menikmati pesona alamnya.

“Pelayanan penyeberangan kami ditambah mengingat kondisi penumpang dari pagi terus berdatangan. Liburan panjang kali ini memang lebih dahsyat penumpang yang datang. Dalam sehari kemarin kita melayani sebanyak 32 trip hingga sore,” kata pengelola boat Gangga Express I Nyoman Landep.

Sekretaris PHRI cabang Klungkung, I Wayan Sukadana mengakui lonjakan wisatawan terjadi sejak pertengahan bulan ini. Akomodasi yang tersedia saat ini khususnya penginapan sebanyak 170 jika diratakan setiap penginapan ada lima kamar jadi 850 kamar tersedia untuk Nusa Penida belum terhitung Nusa Lembongan dan Ceningan.

Begitu banyak wisatawan yang berkunjung penginapan tak tersedia tapi sebagian besar dari mereka hanya melakukan one day trip.

“Bersyukur dan berterima kasi para pengunjung menjadikan Nusa Penida tempat berlibur. Sebagai daerah yang baru berkembang wisatanya mohon dimaklumi kekurangan khususnya misalnya jumlah kamar yang kurang memadai ketika tamu membludak,” kata I Wayan Sukadana, pemilik Kabeh Jati Garden.

Sementara Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengimbau kepada guide dan sopir travel mohon kesabarannya di jalan. Hati-hati prioritaskan kenyamanan pelancong. Bagi yang antre di loket pelabuhan maupun kemacetan di jalanan karena banyak pemedak dan wisatawan yang berkunjung, teramsuk kendaraan roda 2 dan 4 yang sudah full boking.

Daya tampumg parkir tak mencukupi saking banyaknya mobil yang menunggu wisatawan. Mobil tersebut dialihkan sementara parkir di depan GOR hingga lapangan dijadikan parkir. [b]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*