Awal April biasanya diwarnai dengan April Mop, hiburan sekaligus kekesalan untuk korbannya.
Namun, tidak bagi komunitas sosial media di Bali yaitu @acara_bali. Salah satu komunitas sosial di Bali ini terbentuk sejak 30 Januari 2014.
Acara Bali berada pada payung komunitas pusat yakni acara media yang bergerak pada komunitas media sosial. Selain di Bali, komunitas ini juga ada di beberapa daerah seperti Malang, Bali, Surabaya, Jakarta dan Lombok.
Acara Bali bergerak di bidang informasi acara se-Bali baik acara banjar, sekolah, kampus maupun perusahaan. Acara Bali berfokus kepada promosi acara, live tweet, media partner yang seluruhnya tanpa biaya (gratis).
Selama perjalananya, Acara Bali mulai mengembangkan media sosialnya dengan memberikan layanan netizen journalist maupun video journalist. Ke depan mereka akan akan membuat website.
Pada Sabtu, 4 April 2015 Acara Bali melaksanakan roadshow dalam rangka ulang tahun pertama. Kegiatan ini bertema “Bali Inspirasiku” dan mengangkat judul dengan hastag di setiap media sosialnya yaitu #1TahunNyamaUltah. Acara ini sukses diwujudkan di kedai Soerabi Bandung (depan mie kober Sidakarya).
Kedai Soerabi Bandung yang baru berdiri ini sangat mendukung roadshow ulang tahun dari Acara Bali.
“Kami bisa meramaikan kedai ini dengan cara menarik pengunjung yang baru karena kita baru-baru berdiri,” ujar Vivie, salah satu supervisor kedai Soerabi Bandung.
Selain merupakan acara pertama, tujuan roadshow pun sangat mulia yaitu mengusung konsep charity. Acara ini dilaksanakan dengan serangkaian acara yakni #MELEKMEMACA (donasi buku se-Indonesia). Ada tiga roadshow seiap minggunya pada 4, 11, dan 18 April 2015 serta acara puncak pada 25 April 2015.
Roadshow pertama cukup sukses dan banyak mengundang massa. Dengan dibantu beberapa sponsor dan bintang tamu seperti Cassadaga, Attack In Memories, Zetta Heart dan The Rancu, berjalan cukup lancar. Duet sang Mc juga membantu menghidupkan suasana roadshow tersebut.
“Saya mengisi acara di sini karena tahu lewat Twitter dan sangat membantu band kami untuk memulai kesempatan debut. Harapan saya semoga acara bali bisa berkarya dan membuat hal positif!” ujar Wahyu, salah satu personil Band Attack In Memories.
Roadshow yang memiliki prinsip nonton konser bayar pake botol dan buku bekas tentu menarik perhatian massa karena simple dan sangat mulia. Apalagi tujuan Acara Bali ini adalah sebagai wadah penyaluran aspirasi dan pengembangan bakat, menjalin komunikasi serta relasi antar komunitas, organisasi, penonton dan pengisi acara serta tujuan utama yaitu membantu orang-orang yang masih kekurangan.
Serangkaian acara puncak pada 25 April 2015 ini dilaksanakan dengan penampilan charity dari anak-anak jalanan, anak-anak yatim piatu serta saudara-saudara kaum disabilitas. Selain itu untuk memeriahkan acara, akan dimeriahkan oleh band indie Bali, stand up comedy, Bali vid gram serta penampilan guess star lainnya.
“Walau roadshow pertama di Soerabi Bandung bisa dibilang sukses, kami masih harus siap-siap untuk roadshow kedua dan ketiga serta acara puncak pada 25 April nanti,” ujar Desy Andya, Ketua Panitia acara.
Desy melanjutkan, untuk bintang tamu dan lokasi bisa dicek langsung di twitter @acara_bali. “Intinya kami akan menyalurkan hal-hal positif dan bermanfaat serta mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari acara bali ini,” kata Desy menutup pembicaraan. [b]