Karya Anak Trisma Juarai Lomba Film Nasional

Penentuannya melalui proses panjang sejak Januari 2018.

Kania, film yang disutradarai siswa SMA 3 Denpasar AAI Sari Ning Gayatri berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Kreasi Audiovisual Sejarah (LKAS) 2018 bertema “Sejarah Identitas Negeriku”. Lomba diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan pada Jumat, 5 Oktober 2018 di Kantor Kemendikbud di Jakarta.

Penentuan pemenang karya perekaman dokumenter sejarah ini melalui melalui proses panjang.

Ada tiga tahap yang dilalui. Pertama, sejak akhir Januari 2018 panitia memilih 60 dari 654 proposal peserta dari seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 3 region.

Peserta yang lolos diberi kesempatan mengikuti workshop perekaman film dokumenter sejarah. Masing-masing region terdiri dari 20 peserta. Bali termasuk Region 2.

Tahap kedua, seluruh peserta lulusan workshop ditugasi membuat film sejarah sesuai proposal yang mereka ajukannya pada seleksi awal.

Selanjutnya, dari 60 karya yang masuk, juri memilih 10 karya finalis di tahap ketiga. Penjurian dilaksanakan pada Jumat, 31 Agustus 2018, di Jakarta.

Penjurian dilakukan oleh tim juri terdiri dari M. Abduh Aziz, S.S (Direktur PFN), Dr. Bondan Kanumoyoso (Universitas Indonesia), Totot Indrarto (Praktisi Film), Dra. Triana Wulandari, M.Si. (Direktorat Sejarah), dan Syukur Asih Suprojo, S.S. (Direktorat Sejarah).

Dewan juri menetapkan 10 karya film dokumenter untuk masuk nominasi dan keputusan dewan juri bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat.

Sebuah Perjalanan dan Pencarian karya AAI Sari Ning Gayatri termasuk salah satu dari sepuluh finalis sebelum kemudian ditetapkan sebagai juara 3. [b]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*