Saatnya Unjuk Gigi di Startup Weekend Bali 2018

Salah satu foto pelaksanaan Startup Weekend Bali 2016. Foto Arley Mardo

Ubud tak hanya terkenal karena wisata dan alamnya.

Kini, Ubud juga sering menjadi pusat dari berbagai acara bergengsi. Pada tanggal 25-27 Mei 2018, kawasan Ubud akan makin ramai. Hubud: Ubud Coworking & Community Space kembali mengadakan Startup Weekend Bali, sebuah ajang untuk para entreprenir dan calon wirausaha muda untuk meluncurkan ide-ide start-up mereka di akhir pekan.

Tak hanya untuk warga lokal, sejak pertama kali diadakan, Startup Weekend Bali terbuka untuk semua warga negara. Tetapi memang, dari tahun ke tahun, terlihat bahwa angka peserta Indonesia di setiap edisi semakin tinggi. Hal ini menjadi sebuah alasan yang mendorong penyelenggara untuk merumuskan Startup Weekend Bali tahun ini. Sehingga Startup Weekend edisi ini terasa istimewa, sebab partisipannya adalah khusus untuk anak muda Indonesia yang berusia 16-23 tahun.

“Kami melihat adanya minat yang besar di komunitas lokal. Dari sini pun kami ingin fokus untuk give back ke anak-anak muda Indonesia. Tujuan kami di Startup Weekend edisi kali ini adalah untuk menjadi wadah yang mereka bisa gunakan untuk mengasah potensi dan minat kewirausahaan yang mereka miliki,” jelas Vitto Christaldi, kepala penyelenggara Startup Weekend Bali 2018.

Melihat bahwa potensi kewirausahaan anak muda Indonesia sangat besar, penyelenggara juga optimis hal tersebut sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Mereka juga menyadari bahwa di Pulau Bali sendiri, banyak potensi bisnis yang bisa dieksplor di luar bidang hospitality.

Kemeriahan Startup Weekend Bali 2016. Foto Arley Mardo.

Startup Weekend Bali dibuka pada Jumat sore dan dimulai dengan sesi pitching. Pada sesi ini, peserta diberikan kesempatan untuk membawakan ide-ide startup terbaik mereka, dan membentuk tim startup masing-masing. Kemudian pada Sabtu dan Minggu siang, tim-tim startup yang telah terbentuk akan memfokuskan diri pada customer development, idea validation dan mempraktikkan metodologi LEAN startup dan membangun MVP (Minimum Viable Product). Di Minggu sore, para tim start-up tersebut akan melangsungkan demo prototype start-up yang mereka buat, serta mendapatkan masukan dari panel juri.

Para penggiat start-up termasuk developer, desainer, spesialis bisnis dan ahli-ahli lainnya, akan menyatukan pikiran mereka untuk membuat dan meluncurkan start-up yang mendukung pariwisata yang berkelanjutan.  Kegiatan ini berlangsung selama 54 jam dengan 12 mentor ahli di bidangnya yang siap untuk membimbing para peserta selama kompetisi berlangsung. [b]

Mengenai Penyelenggara

Untuk informasi lebih lanjut dan permintaan interview tentang Startup Weekend, silakan hubungi:
Kintan Ayunda: kintan@hubud.org – Communication Manager
Vitto Christaldi: vitto@hubud.org – Kepala penyelenggara Startup Weekend Bali 2018

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*