Aksi Donor Darah Bersama AMI Bali

Aksi donor darah AMI Bali bersama KAMMI pada Minggu, 18 Februari 2018. Foto Herdian Armandhani.

Setetes Darah Kita Berarti untuk Mereka.

Itulah tema kegiatan donor darah oleh dua komunitas anak muda di Bali, Anak Muda Indonesia (AMI) Wilayah Bali dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Dewata pada Minggu, 18 Februari 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pelataran Parkir Bank Mandiri Syariah Renon Jalan Raya Puputan Renon bertepatan dengan pelaksanaan Car Free Day.

Target peserta dalam kegiatan donor darah tersebut hingga 50 kantong darah.

Kegiatan Donor Darah pertama kedua organisasi kepemudaan ini mengusung tema “Setetes Darah Kita Berarti untuk Mereka”. Agenda berjalan dengan lancer dengan dukungan dari berbagai pihak mulai dari Komunitas Sahabat Donor Darah Bali, Bank Mandiri Syariah, Dompet Sosial Madani, JCI Badung Bali dan tentunya PMI Provinsi Bali.

Selain kegiatan donor darah para peserta donor darah juga dapat mengecek kesehatan mereka dan mengecek golongan darah pendonor. Sebelum melakukan donor darah para calon pendonor melakukan proses registrasi.

Jika memenuhi syarat maka calon pendonor bisa melanjutkan untuk memasuki tahap mengetahui seberapa banyak hemoglobin yang mereka miliki. Bila sesuai dengan ambang batas yang ditentukan oleh petugas PMI maka para peserta donor bisa berbaring disalah satu kasur untuk para pendonor berbaring.

Beberapa calon pendonor ada yang gagal melakukan donor saat kegiatan ini karena beberapa faktor seperti istirahat yang tidak cukup, jarak melakukan donor darah yang belum genap tiga bulan, jumlah hemoglobin yang tidak sesuai standar, dan berat badan yang kurang cukup.

Fitria Pebri Evariyanti selaku Kepala Departemen Sosial AMI Bali mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga masyarakat Bali khususnya Di Kota Denpasar bisa terbantu dengan aksi kemanusiaan yang kami lakukan. Ke depannya kami akan menggandeng organisasi kepemudaan dan komunitas sosial di Bali untuk melakukan kegiatan sosial kembali” jelasnya.

Ditemui di tempat terpisah, Ketua KAMMI Komisariat Dewata yaitu Ferry Nur Samsi mengaku sangat mendukung positif atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini.

“Melalui kegiatan donor darah ini, KAMMI sebagai organisasi kepemudaan yang senantiasa hadir membantu masyarakat melalui aksi nyata. KAMMI mengajak anak muda Indonesia untuk selalu ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini pula organisasi AMI Wilayah Bali dan KAMMI Komisariat Dewata mendapatkan pengahargaan dari PMI Provinsi Bali dan juga cinderamata atas komitmen melakukan aksi donor darah. Penghargaan ini langsung diberikan ke perwakilan masing-masing organisasi usai acara berakhir. [b]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*