Nusantara, Pusat Peradaban Dunia

Oleh I Nyoman Winata

Nenek moyang bangsa Nusantara, khususnya Pulau Jawa adalah pencipta kebudayaan dunia. Leluhur bangsa Nusantara (Indonesia) merupakan manusia-mansuia tangguh dan cerdas, pencipta peradaban dunia. Bahkan jauh sebelum tahun masehi, kerajaan nusantara adalah penguasa duapertiga wilayah bumi. India dulu hanyalah salah satu kadipaten dari kerajaan yang berpusat di pulau Jawa. Sumber dari peradaban dunia bisa dikatakan semuanya bermula dari Nusantara.

Semuanya memberikan kita gambaran bahwa nenek moyang bangsa Indonesia bukan orang-orang terbelakang. Kalau kemudian sejarah dunia saat ini tidak memposisikan peradaban nusantara sebagai sumber dari peradaban dunia, maka itu tidak lebih bagian dari kerja-kerja ilmuwan dari belahan dunia barat yang ingin mengingkari realitas.

Saya terkejut mendengar penjelasan ini dari seorang teman baru ketika saya usai mengikuti sebuah acara beberapa waktu lalu di Semarang. Teman ini orang Semarang, tetapi kini merasa lebih enjoy bermukim di Jogja. Raut wajahnya nampak serius menceritakan semuanya kepada saya yang menunjukkan ia sungguh-sungguh.

Bahkan teman saya ini punya komunitas yang sedang berusaha mengungkap kebesaran peradaban Nusantara. Jejak arkeologi sedang terus digali untuk memberi gambaran tentang kemahaagungan nenek moyang kita. “Tunggu saja, kami akan buktikan nanti. Tetapi ini bukan pekerjaan mudah untuk membuat dunia percaya karena sudah lama dicekoki sejarah yang dibuat ilmuan barat,” katanya yakin.

Banyak yang teman baru saya ini diceritakan kepada saya. Misalnya tentang cerita Mahabrata adalah cerita nyata yang sesungguhnya terjadi di Nusantara. Kerajaan Astina itu adalah kerajaan di Nusantara. Ini berarti tokoh-tokohnya yakni para Pandawa dan Kurawa bukanlah orang Hindustan di Tanah India, melainkan orang-orang Jawa!!

Keterlibatan kerajaan-kerajaan lainnya dalam perang Berathayudha adalah kerajaan-kerajaan kecil yang berada dibelahan dunia lainnya. Ini menegaskan bagaimana Kerajaan Nusantara adalah sebuah wilayah dengan kekuatan dan kekuasaan politik yang sangat besar karena bisa menyeret kerajaan lainnya untuk berperang.

Kehebatan nenek moyang kita juga ditunjukkan dengan keberadaan Candi Borobudur. Candi ini, kata teman ini, sudah ada jauh sebelum tahun masehi dikenal. Jadi anggapan ilmuwan yang menyatakan bahwa candi ini dibangun pada abad ke-8 masehi tidaklah benar.

Patung di dalam candi borobudur juga bukan Patung Budha melainkan patung Raja Saylendra yang kebetulan mencapai tahap perjalanan Bathin mirip dengan yang dialami Sidhartha Gautama. Diceritakan bahwa Raja Saylendra membuat Candi Borobudur setelah mencapai perjalanan sampai nirwana. Salah satu yang diingat Saylendra adalah suara musik di alam nirwana yang begitu melekat dipikirannya. Lalu Saylendra berusaha menemukan/mencipatakan alat yang bisa mengeluarkan suara seperti yang diingatnya. Dari pencarian ini dicipatakanlah gambelan yang dijawa dikenal dengan gambelan laras selendro.

Jadi nenek moyang bangsa Indonesia adalah mereka-mereka yang menjadi pencetus peradaban dunia. Nusantara adalah pusat dari peradaban dan asal muasal dari semua peradaban di planet bumi ini. Benar atau tidak, percaya atau tidak, kembali kepada diri kita. Anggaplah semua cerita kawan ini benar, maka sangat pantas bagi kita untuk bangga kemudian menguatkan rasa percaya diri kita bahwa kita adalah manusia-manusia unggul. Kalau kemudian kita menjadi terpuruk seperti saat ini, maka itu semua karena ulah kita yang melupakan asal-usul kita. Siapa sesungguhnya kita dan darimana kita berasal.

79 Comments

  1. apa benar bukan dari india? saya kok meragukannya ya.. bukti2nya dari mana pak nyoman..? temen anda ada blognya ggak..

    salam,
    paramarta

  2. Ini semua cerita lisan, Namun setidak-tidaknya kawan saya ini meyakini kebenarannya. Bukti-buktinya sedang berusaha diungkap. Mungkin harus ditunggu. Cerita ini memang akan sangat mudah memancing pro-kontra dan perdebatan. Saya menghindari perdebatan tetapi menerima jika ada keraguan atas kebenarannya. Disisi lain, ini bisa memantik rasa percaya diri kita sebagai manusia yang lahir di bumi Nusantara.

  3. percaya diri saya mati sunyi di nusantara ini pak. negeri yang mengaku beradab dan berbudaya. bagaimana sejarah bisa memberikan keadaban pada kita di nusantara ini? kurang apalagi sejarah indonesia yang adiluhung itu? buktinya perpres sewa-menyewa hutan. alamakkkk……

    • btw yah….bukanx manusia pertama yaitu nabi adam ada 5rb taun yg lalu…saya jd bingung…manusia2 yg punya peradapan lebih dr 5rb taun yg lalu itu disebut manusia ataw bukan…

  4. lohde, begitulah semua kekuatan penghacur negeri ini bekerja. Kita semua dibuat tanpa sadar melupakan asal-usul kita. Kita jadi lebih percaya kalau peradaban luar (eropa,amerika dan arab) jauh lebih baik dari apa yang pernah dulu dimiliki nenek moyang kita. Kita sudah jauh meninggalkan bahkan melupakan dan tidak mau tau lagi apa yang pernah lahir di Tanah Nusantara ini. Kita semua sudah lupa akan diri kita sesungguhnya.

    • saya percaya pak nyoman,..dgn kita memberdayakan roh idhafi/sukma sejati/jati diri kita,.maka kita dapat mengetahui masa lalu,.ataupun jati diri kita sendiri,.

      salam

  5. l4eu_f_er

    entah benar atau tidak, tapi untuk dikatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu kontributor peradaban tinggi dunia haruslah mendapat pengakuan internasional. untuk sementara hal semacam ini lebih mengarah ke “kebanggaan nasional”, namun bagi saya apa artinya membanggakan kebesaran masa lalu? secara retrospektif saya lebih setuju dengan sodara Winata yang menyikapi dengan penyesalan dalam arti masyarakat kita sekarang tidak memiliki pijakan budaya yang tinggi: peradaban barat memang tinggi tapi itu bagi mereka yang memang menjadi pelakunya (hanya mereka yang ngerti bagaimana meneruskan warisan yunani), sementara kita bukanlah pelaku, hanya sekedar meniru kesana-kesini karena kehilangan pijakan pasti.

  6. wow, ini sesuatu yang baru…
    saya juga pernah dengar kalau tidak salah Bapak Mertha Suteja bilang bahwa jaman dahulu di awal-awal masehi, orang Bali malah sudah menjadi pelaut yang mumpuni hingga mengarungi dunia, bahkan hipotesis beraninya menyebutkan yang menjejakkan kaki pertama di Amerika adalah orang Bali, dan ras indian (aztec, maya, inca)adalah keturunan Bali Jawa..

    pfiuh…harus diuji lagi nih semua.ditunggu lho bukti otentiknya.karena bila seandainya betul, berarti regresi intelektualitas dan budaya sudah terjadi di awal-awal masehi atau bisa sebelumnya…jadi bukan cuma sekarang ini saja dong…

    tapi ini tulisan yang baik sekali, maju terus winata.salute!

  7. setuju pakde,jika ditelusuri dari jejak jejak yang ditinggalkan,baik dari para orag tua yang masih menyimpann akidah itu,juga cerita cerita yang disembunyikan dalam lakon pewayangan,bahasa jawa bahasa no 10 di dunia lho

  8. waw nasionalisme sekali bapak ini,tapi itu hanyalah mimpi orang Indonesia,

  9. ow iya pak,kl sya tidak slah di sumatra ada suatu kerjaan yang dikleim lebih dahulu terlahir sebelum kesultanan Samudra Pasai,dan jauh sebeum kerajaan sriwijaya,,

  10. jarot murdiono

    Kalau jawa memang pusat peradaban dunia kenapa bahasa asia, eropa, amerika tidak ada sedikitpun tersentuh bahasa atau dialek jawa yang repot?

    Lucunya di nusantara, hampir seluruh pulaunya tersentuh lingua francanya bahasa sumatera (melayu) kok bukan jawa?
    dari sini dapat ditarik kesimpulan, Peradaban jawa cuma dibesar-besarkan sejarahwan rasis di masa orla dan orba.

    kalau anda mau meneliti sejarah borobudur, bukankah
    dana candinya dibantu oleh sriwijaya?

    kalau anda mengatakan india sebuah kerajaan kecil. Kenapa Negaranya puluhan bahkan ratusan kali lebih besar dari pulau jawa??? berarti pengaruh india dari zaman dahulunya sudah besar. Sebelum anda ikuti cerita humor teman anda tersebut.. tolong dihitung dulu peradaban mahenjo daro, harpa di india.

    pikir Pak jangan asal terima cerita basi!

    • Bani Adam Ibnu Jawa Al Jawi

      Bahasa Jawa yg repot itulah buktinya Jawa adalah penduduk paling awal (paling kuno) pendudok asal muasal Nusantara yg disebut Al Jawi (Keturunan Jawa) oleh orang Arab karena bahasanya yg indipendant, tidak kecampuran dgn bahasa2 lain, dan karena susahnya untuk diserap ia tidak mudah berkembang ditutur orang di Nusanatara ini. Sedangkan bahasa Melayu,Sunda,Betawi dan lain2nya terdapat banyak pakai bahasa campuran antara satu dgn lainnya dan bahasa Melayu paling banyak mengambil dari bahasa luar (lain)seperti mengambil dari bahasa Arab,India,China dan sebagainya.

    • pak jarot coba anda memberdayakan roh idhafi/jati diri anda,..maka anda akan mengetahui kebenaran sejati,..bukan hanya sekedar yg di lihat mata lahir anda,..

      wassalam
      ahmad syaihu

  11. della to ugi

    Kami tunggu Pembuktian dari teman bapak tersebut.
    Tapi sejarah yang saya pelajari selama ini selain dari sejarah versi indonesia memang bertolak belakang. Singosari, majapahit terlalu dibesar-besarkan sehingga generasi kita bermimpi lebih dari rekayasa sejarah yang kita yakini selama ini.

    Kita semua tahu sebelum kerajaan dijawa mengklaim menguasai nusantara jauh sebelum itu sriwijaya telah melakukanya. Bukti dapat kita temui dari bahasa. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei dll telah menjadi bahasa yang dalam penyebaranya seiring dengan pesatnya pengaruh sriwijaya atau kerajaan melayu lainnya. Jika kerajaan jawa kuno memang besar berkemungkinan pengaruhnya cuma se jawa bali itupun jawa tengah dan jawa timur. Sedangkan setengah dari jawa barat betawi yang jelas-jelas pengaruh melayu. Danjawa barat lainya mengklaim mereka lebih kuat dari kerjaan jawa. Semenjak diah pitaloka dibunuh gajahmada, Kerajaan sunda tak pernah bisa ditundukan jawa.

    Sriwijaya atau kerajaan melayu tua lainnya yang sangat mempengaruhi nusantara tidak dijelaskan lebih detail dalam kurikulm sejarah sekolah dari sd sampai SMA dikarenakan politik sukarno-suharto yang licik yaitu jangan sampai daerah selain jawa sampai kuat kembali. Buktinya dapat kita lihat kegagalan sukarno dalam merebut malaysia masuk dalam Republik Indonesia. Bacaan sejarah yang kita baca selama ini aseli pembodohan sejarah nusantara.

    Nah Kenapa teman bapak muncul dengan wacana yang sangat ekstrim?
    karena kita sudah termakan doktrin sukarno-suharto yang melebih-lebihkan dongeng kerajaan jawa. Sampai saat ini kita masih saja dibodohi.

    Sudah Berapa presiden kita pak? tidak bisa memperbaiki bangsa ini.
    KARAKTER pemimpin indonesia dari awal merdeka sampai sekarang sama dengan raja di jawa pada jaman dahulunya. Nah sekarang kenapa kita susah mencari bukti bahwa benar apa tidak jawa itu memang besar peradabanya?

    Salam dengan teman bapak. Sungguh saya ingin kenalan denganya.

    • Kebanyakan minpi kale penulis ini dan mimpi kebangetan, kebanyakan data sumbernya tdk jelas ini cuma asumsi penulis nya sendiri iseng aja menulis ,…eeee masih ada ada org yg mau menipu mereka ngk tahu kale Bali itu masih ajahan Sriwijaya dan Kerajaan Bali saat ini masih mengakui mereka masih keturunan Sriwijaya coba tanyakan sama tokoh Sejarawaannya pasti mereka tahu itu.

  12. Pingback: Nusantara, Pusat Peradaban Dunia « | Dua Buah Lautan Bertemu

  13. Benar atau tidak hanya tuhan yang tahu dan waktu akan membuktikan…
    yang penting mari kita bangkit wahai semua anak-anak nusantara
    bani adam…..
    kita bangkit mulai dari yang kecil dilingkungan kita….
    dan janganlah terus pesimis dan jangan terus minta orang lain berubah…
    jayalah nusantaraku….
    terbanglah garuda perkasaku diangkasa dunia….

  14. sya sangat mendukung sekali apa yang sedang baoak dan teman-teman bapak buktikan.
    itulah menurut sya yang menjadi sebab kemerosotan bangsa kita ini. selalu mudah melupakan sejarah dan melupakan jati diri negeri sendiri….

  15. hua.. hua.. huaaaa..
    Saya juga mendukung…
    cuma opininya buat perut saya geli…
    india dan cina itu tak perlu diragukan lagi
    bahwa budaya mereka yg kita adopsi ribuan tahun yg lalu.

    contoh:
    1. Keris: Coba buktikan kalo memang keris dari jawa bukan dari cina.
    anda kalo melihat peninggalan patung kuno dicina keris itu sudah ada
    walaupun gagangnya berupa tombak tetapi tetap saja berbentuk keris yg kita tiru selama ini.

    2. Wayang: Coba anda pelajari sejarah dan literatur cina ttg wayang. Kita semua kalau mau jujur pasti kecewa dan malu sebab wayang sudah ada sejak awal dinasti cina.

  16. aihada_el

    saya baru saja tau kalau peradaban dunia berasal dari indonesia. mengenai cerita-cerita itu jujur saya kurang tau, tapi kalau itu benar-benar terjadi. kita patut bangga sebagai orang indonesia……….melihat sejarah yang ada jangan mudah percaya! karena seperti kata pak Winata sejarah memang banyak dikarang-karang oleh orang luar untuk menutupi sesuatu yang hebat yang tidak dimiliki oleh mereka….coba deh gali lebih dalam maka kamu dapat menemukan sesuatu yang menakjubkan dari sejarah dunia….(^_^)

  17. hamba Alloh

    Menurut satu kajian,manusia pertama yang memasuki pulau Jawa adalah dari jenis Homo erectus yang dinisbahkan sebagai(the first Java man/ from Java man to Javanese)ia itu orang Jawa pertama sejak 1.7 juta tahun dulu lamanya,dimana terdapat peninggalan tengkorak purba disungai Solo Jawa Timur dan penemuan kedua disungai Sangiran Jawa Tengah.
    orang arab tidak memanggil nusantara ini dengan panggilan al melayu,as sriwijaya,as salaknagara atau al majapahit tetapi dengan panggilan al jawi (keturunan jawa)ini bermakna orang jawa telah bertamadun lama sebelum masehi,lama sebelum berdiri kerajaan india dan cina.munkin ada kebenarannya ucapan dari teman pengarang ini! Wallohu wa’lam.

  18. bagi yang punya ne,,
    tolong jawab pertanyaan ku donk,,

    bagaimana peradaban dunia di asia-india

  19. ginanjar

    tidak adanya bukti otentik membuat cerita tersebut hanya menjadi sebuah mitos seperti halnya king arthur di Inggris dan sang ratu adil di Indonesia. Ada beberapa hal yang dapat membangkitakan kebanggaan nasional, yaitu:
    1. Melimpah ruahnya SDA d Indonesia, sehingga menjadi rebutan bangsa asing
    2. Para pelajar kita banyak yang menjuarai kompetisi bertaraf internasional
    3. hasil kerajinan tangan Indonesia sangat beragam, dan mutunya sudah diakui oleh dunia internasional
    4. Perang surabaya, perang aceh, perang diponegoro, dan perang besar lainnya membuktikan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai daya juang yang tinggi sehingga membuat kalang kabut bangsa barat.

  20. Faisal Kairupan

    Yah, beginilah sejarah kadang bisa dipertanggung jawabkan kadang tidak baik secara ilmiah maupun secara mitos.

    Namun pada prinsipnya Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang tidak “Pe De”, kenapa :
    1. karena banyak hak intelektual kita yang dijarah orang laen kita diam saja.

    2. banyak tenaga asing atau barang merek luar yang dipakai ketimbang milik sendiri, dengan alasan gengsi akhirnya semua kearifan dan kepintaran itu diabaikan.

    3. banyak pejabat atau orang berduit yang berobat keluar negeri dengan alasan peralatan lebih canggih, padahal kalo duit itu dipake brobat dalam negeri semakin menambah khasanah kepintaran para dokter dan perawat indonesia.

    4. banyak barang atau tekhnologi yang dicipatakan di Indonesia, tapi gak laku di pasar dalam negeri, karena kwalitas gak mutu, dan biasanya yang mahal dan berkelas trus produk luar negeri adalah jaminan mutu nomor satu.

    berkaca dari itu semua terlepas benar atau tidaknya argumen teman Bapak tentang sejarah Nusantara ini, pada intinya yaitu Kita kurang Pe De.

    Salam Pembebasan,

  21. Enkgoenk

    Apapun adanya,aku cinta indonesia.

  22. Bukti otentik:
    Phitecanthropus Erectus ditemukan fosilnya di Pulau Jawa

  23. artikel ‘Nusantara~~pusat~peradaban-dunia’, saya muat di;

    ‘Jagad-Kahiyangan~POST’
    add ‘Jagad-BUDAYA’.

    please, click link here;
    http://www.Jagad-Kahiyangan.blogspot.com.

    thank’s.
    Regard,

    (Jagad-Kahiyangan)

  24. @ oka negara, ‘bahwa jaman dahulu di awal-awal masehi, orang Bali malah sudah menjadi pelaut yang mumpuni hingga mengarungi dunia, bahkan hipotesis beraninya menyebutkan yang menjejakkan kaki pertama di Amerika adalah orang Bali, dan ras indian (aztec, maya, inca)adalah keturunan Bali Jawa..’

    mungkin ada benarnya.

    coba lihat ‘suku-INDIAN’ perangainya hampir2 mirip dengan ‘suku-DAYAK’

    coba kita renungkan, dech.

  25. “pelajari BUDAYA-BARAT tanpa tinggalkan BUDAYA-TIMUR”
    (http://www.Jagad-Kahiyangan.blogspot.com)

  26. Bani Adam Ibnu Jawa Al Jawi

    Ketika bumi nusantara ini dikenali dengan bumi Jawi atau al-Jawi ia itu ( keturunan Jawa ) masing2 hidup aman sentosa. Paradaban bumi Jawi amat tinggi dan terhormat dgn tiada hsad dengki dan tamak haloba. Sehinggalah daerah Sumatra didatangi oleh Bangsa dari kerajaan India (angkara murka) dan berdirinya kerajaan Srivijaya maka nusantara(bumi Jawa) ini, mulalah dibayangi dengan berbagai angkara murka peperangan dan penanaklukkan. Bermulalah tercetusnya perang saudara dan wilayah diNusantara bumi Jawi ini, sebagaimana sama berlaku halnya perang saudara di negeri India (angkara murka)itu yang tidak pernah ada kehabisannya dari zaman dahulu hingga sekarang. Begitu juga, sama halnya berlaku didaerah Jawa Barat dimana lahirnya kerajaan Salaknagara yang masing2 merupakan pengaruh dari Raja2 India yang kalah perang atau mencari kekuatan dari Bumi Jawa Selatan Timor. Dari sinilah orang Melayu (kerajaan Srivijaya) dan orang Sunda (kerajaan Salaknagara) mengklaim mereka kerajaan terlama diNusantara ini. Padahal peradaban Nusantara didahului oleh orang Jawa yang dikenali Al Jawi yang pendudoknya orang Jawa paling terbesar Nusantara termasuk penebaranya dimerata dunia. Salah satu faktor bukti pembiakkannya yg begitu banyak itu memungkinkan masa yg agak lama berjutaan tahun lamanya merupakan pendudok asal muasal Nusanara ini sebelumnya. Mungkin ada kebenarannya dari pengarang ini!!!
    Wallohu wa’lam.

  27. Bani Adam Ibnu Jawa Al Jawi

    Bahasa Jawa yg repot itulah buktinya orang Jawa adalah penduduk paling awal (paling kuno) pendudok asal muasal Nusantara ini yg disebut Al Jawi (Keturunan Jawa) oleh bangsa Arab karena bahasanya yg indipendant (berdiri sendiri, tidak bercampuran dgn bahasa2 lain, dan karena rumitnya serta susahnya bahasa Jawa untuk diserap maka ia tidak mudah di pelajari serta difahami, maka tidak mudah berkembang untok ditutur oleh orang di Nusanatara ini. Lain halnya yang mana kita ketahui bahasa melayu bukan bahasa yang menunjokkan ketulenannya, dimana bahasa Melayu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Jawa Barat (Sunda, Betawi ) didalam penyebaranya seiring dengan pesatnya pengaruh sriwijaya itu telah (menjadi bahasa yang bercampuran. Sedangkan bahasa melayu itu sendiri banyak mengambil dari bahasa asing yang banyak dikutip dari bahasa Arab, India, China dan sebagainya. Srivijaya yang menguasai Nusantara adalah penyebabnya angkara murka peperangan dan penaklukkan di bumi Jawi yang mempunyai peradaban yang tinggi pada pada ketika dahulu. Dan menjadi penyebab penaklukkan kerajaan Jawa Majapahit keatas Srivijaya kemudiannya. Karena itu orang Jawa lebih mendahului Srivijaya dengan beberapa bukti :-1) Bangsa Arab yang lebih tua dari Srivijaya ( Bangsa India) itu telah memanggil Nusantara dengan Al Jawi ( keturunan Jawa) 2)Bukti otentik: Phitecanthropus Erectus ditemukan fosilnya di Pulau Jawa dan menurut satu kajian, manusia pertama yang memasuki pulau Jawa adalah dari jenis Homo erectus yang dinisbahkan sebagai ( the first Java man/ from Java man to Javanese) ia itu orang Jawa pertama sejak 1.7 juta tahun dulu lamanya,dimana terdapat peninggalan tengkorak purba disungai Solo Jawa Timur dan penemuan kedua disungai Sangiran Jawa Tengah, jauh sebelum Srivijaya. 3) Bahasanya yang repot itu menunjokkan kekunoannya, ketulenannya, jauh sebelum Srivijaya. 4) Orang Jawa pendudok paling terbesar di Nusantara ini termasuk penebaranya dimerata dunia, salah satu faktor bukti pembiakkannya yg begitu banyak, memungkinkan masa yg agak lama berjutaan tahun lamanya merupakan pendudok asal muasal Nusanara ini sebelumnya.

  28. Saya merasa amat tertarik d cerita teman bapak penulis artikel ini tp saya kesulitan mendapatkan sumber, bukti atau plg tidak alamat organisasi penggali sejarah ‘alternatif’ ini. Bisakah diberikan alamatnya spy kami bisa lebih intensif berdiskusi?

    Terima kasih.

  29. Jawajakarta

    Orang Jawa itu inisiator peradaban. Itu trademark yang masih berlangsung hingga kini, biarpun jarang yang “ngeh”. Kalau idenya dibajak tidak suka mempermasalahkan. Terlalu nrimo membuat kekaburan fakta sejarah terus lestari.
    Kalo perlu minta bantuan orang Sumatra untuk menuntut plagiat2 yang mengaku2 sebagai pemilik asli. Advokat dari Batak kayaknya boleh juga tuh..

  30. Tampaknya artikel ini membicarakan sesuatu yang bersifat menduga-duga saja dari seorang peneliti linglung dari semarang, tanpa adanya fakta-fakta empiris yang valid. kalo homo erectus javanicus dijadikan sebagai alat pembenar jawa sebagai budaya yang sangat tua, sama juga mempercayai teori evolusi yang tidak benar itu. Species-species purba banyak juga ditemukan tidak hanya di jawa, dia juga ada ditempat lain didunia ini. Mesti dipahami, makhluk purba itu bukan manusia. Fostur tubuh dan otaknya lebih dekat dengan monyet daripada manusia (jadi mereka bukan cikal bakal manusia).
    Satu hal yang pasti, jawa(mestinya tidak mengkalim diri sebagai representasi nusantara) itu hanya sebuah peradaban manusia berciri animis, mistik,dan sitem sosial feeodal. Suatu budaya yang sangat kental aroma animis, mitos, klenik dan mistik.
    Itulah mengapa negara ini selalu mengalami seperti bangsa bingung dan selalu bermasalah, karena sangat terprovokasi kultur jawa yang aneh karena menyukai mistik dan feodal. Tapi sialnya bangsa ini selalu dipimpin oleh orang-orang yang menyukai sistem seperti itu, jadi seperti ini bangsa indonesia modern akibatnya.
    Kalau orang harus percaya jika perang baratha yuda, padang kuruksetra, pandawa, kurawa( serta semua personal didalamnya), bhagavatgita(bagian kitab hindu yang berisi percakapan antara arjuna dengan krishna sebelum perang bharata yuda): ITU SEMUA DARI JAWA, maka kitab wedha itu juga mestinya dari jawa karena india merupakan koloni jawa.
    Jika penemuan atau penelitian dari orang semarang itu(yang saya kira juga penggemar klenik dan mistik), dengan segala cara akan membenarkan pendapatnya yang nantinya akan berdasarkan mitos,klenik dan mistik, maka sia-siaplah berpolemik ama orang india yang meng klaim semua itu berasal dari negaranya.
    Maka dua bangsa (india dan jawa khususnya jawa tengah, jawa timur termasuk bali) penggemar mistik dan klenik bertemu dalam suatu wadah polemik baru, siap-siap aja kalau Bharatayudha jilid dua akan terulang kembali(mudahan jangan).
    Yang mau ikut silakan, tapi jangan ajak-ajak orang lain yang gak suka menjadi penggemar mitos, mistik dan klenik.

    • hidup kita 90% adalah klenik,mitos, supranatura,cenayang dan 10% persen adalah logika.
      kesalahan orang sekarang adalah mereka terlalu mengunakan 10% logikanya untuk mewakili 90% keyakinannya.
      manusia seakrang lupa ilmu “titen” ilmu “tenger”.
      manusia kehilangan kepercayaan dirinya.
      anda pernah sewa pawang hujan?belajar dari beliau.

      Trims

    • ente ga paham bos,..buka mata bathin ente,..berdayakan rohidhafi ente,..kenali jati diri ente,…maka rahasia alam jagad bisa ente liat,..bukan katanya….weeekkeeeeekk

  31. salam mas wayan,,,

    Sebagai orang “jawa” saya menyakini hal itu mas, di orang india jarang yg tahu ttg wayang. namun di indonesia anak kecil saja sudah tahu wayang, karena mereka sedang memngingat nenek moyangnya.

    banyak sejarah indonesa yg di batasi oleh belanda. di buku sejarah kerajaan2 di indonesia hanya di mulai dari taruma negara, mataram kuno/ padahal ada yg lebih tua dan mempunyai wilayah luas.

    semoga denagn pemantik ini bisa menjadikan semangat kita bangsa indonesa untuk bangkit manjadi GARUDA lagi.

    Sukses mas,

  32. to all

    Terima kasih telah memberi comment pada tulisan saya. Semuanya positif, kecuali maaf tulisan Saudara Kulkul yang terlalu jauh khususnya sampai menyebutkan Berathayudha jilid II akan terjadi. Saya tidak mengerti masih ada saja yang menganggap kekerasan adalah jalan yang layak dipilih hanya untuk menentukan kebenaran sebuah keyakinan. Kalau ini benar-benar ada dipikiran Saudara Kulkul berarti sama saja ada kemunduran berpikir yang jauh sekali kebelakang. dimana banyak perang pecah gara-gara membela keyakinan. Bahkan keyakinan agamapun sebaiknya tidak dibela dengan pertumpahan darah. Kalau Gus Dur mengatakan “Tuhan kok di Bela?” Lha Tuhan itu kan maha agung, maha segala-galanya. Manusia tidak sampai ada yang disebut maha, kecuali mahasiswa (hehehe)

    Biarkan semuanya menyakini kebenaran keyakinannya untuk mencari kesejatian dirinya. Percaya bahwa Nusantara Pusat Peradaban dunia boleh, tidakpun tak apa-apa. Tetapi jangan sampai perang lah… Lagian siapa yang mau ngajak perang? Hanya mereka yang masih dikuasai ego lah yang akan sibuk dengan pikiran untuk berperang. Sementara yang sudah sangat dekat dengan yang Maha Esa akan memilih jalan damai dan membiarkan orang lain bebas meyakini apa saja.

    Pernah dengar cerita tengan Benua Atlantis? Lagi-lagi ini mungkin sebagian besar hanyalah mitos. Tapi untuk menambah wawasan atau cerita-cerita tentang Nusantara coba cari di mesin pencari google, bagaimana ada juga yang menyebut bahwa Benua atlantis yang konon (ingat : konon, bisa ya bisa tidak) memiliki peradaban super canggih itu ada di Nusantara.

    kalau mau dipolemikkan silahkan, tetapi jangan sampai perang ya…..

  33. paling tidak jadi majapahit pernah menyatukan nusantara ini yang gaungya sampai ke tetangga sebelah malaysia

    kita harus bangga dengan negeri nusatara yang kita cintai

  34. Rahasia Terbesar (Tersembunyi) Bani Jawi

    … Rahasia yang terpendam beribu tahun tentang satu bangsa pengembara yang mencari ‘Tanah yang Dijanjikan’ semakin lama semakin terbongkar dengan penemuan pelbagai artifak yang penuh misteri dan mengundang pertanyaan seperti penemuan keris di sebuah kuil purba di Okinawa Jepun,kendi purba yang sama di Vietnam,Kemboja dan Pahang,penemuan kota purba yang dinamakan Jawi/Jawa di Jordan dan juga penemuan keris purba di Rusia selain gendang Dong Son dan Kapak Tua Asia Tengah yang popular itu. APA MAKSUD KEPADA SEMUA MISTERI INI?….

    .. Bangsa terahsia inilah yang menurunkan pelbagai bangsa Asia dari tempat asal mereka iaitu Asia Barat dan Asia Tengah di mana dari situlah bermulanya peradaban manusia…. … Bangsa ini, yang merupakan pemegang rahasia akhir zaman adalah satu bangsa besar yang pernah membina kota-kota purba dan menyertai peperangan-peperangan agung sejak surutnya Banjir Besar bersama-sama bangsa agung yang telah pupus seperti Sumerian dan Akkadian…..

    … Sesungguhnya kisah pengembaraan bangsa ini merupakan satu epik yang teramat panjang,lebih panjang dari epik Homer,The Iliad and the Odyssey….

    http://misteri-us.blogspot.com/2009/12/rahasia-terbesar-tersembunyi-bani-jawi.html

  35. Kalau demikian mungkin bisa dihubungkan dengan Atlantis kota yang hilang katanya atlantis ada di Indonesia, penulis buku ini memberikan teory dan beberapa fakta historis, para arkiolog indonesia masih menyangkal hal tersebut maklum orang-orang sejarawan katanya ahli sejarah tetapi tidak ada sejarah yang diungkap secara sungguh-sungguh dan benar kebenarannya, malah sejarah atau babad pada jamannya hindu-budha kok disisipkan islam pada hala pada jamannya muhammad belum lahir. naaaah

  36. yang benarnya, pencetus budaya dunia yg sebatas jawa dan bali…

    mungkin penulis di atas sedang mimpi bahwa org jawa adalah ras terhebat,,,!!

  37. Kemungkinan bahwa nusantara pernah menjadi pusat peradaban dunia silahkan baca buku terjemahan dari profesor santos dari Brazil tentang atlantis di Indonesia.
    http://www.metasains.com/2010/02/ternyata-atlantis-itu-di-indonesia/

    Juga dalam buku “The Phantom Voyager” karya Robert Dick-Read yang telah diterjemahkan leh Mizan dengan judul “Penjelajah Bahari. Pengaruh Peradaban Nusantara di Afrika” dengan jelas digambarkan bagaimana dan mengapa para penjelajah nusantara pada abad 5 bahkan di duga jauh sebelum sudah mampu mencapai afrika bahkan melewati tanjung harapan yang baru mampu di lewati bangsa Eropa 1000 tahun kemudian.
    http://andre.birowo.com/para-penjelajah-dunia-penakluk-pasar-global/

    Semoga bermanfaat.

  38. A. Aziz BSY

    Menyambung artikel Mas Winata, berikut ini saya sampaikan fakta2 tentang “PERADABAN JAWA” diluar mainstream ilmuwan Barat. Ada yang menarik apabila kita mengunjungi situs2 resmi Negara Yahudi, misalnya di Kantor Perdana Menteri Israel dan Kantor Kedubes Israel di seluruh dunia terpampang nama Ibukota Israel : JAVA TEL AVIV / JAWA TEL AVIV, dan MAHKOTA RABBI YAHUDI yang menjadi imam Sinagog pake gambar RUMAH JOGLO JAWA. Dengan demikian apakah Bani Israel merasa menjadi keturunan Jawa ? Yang disebut Jawa adalah seluruh Etnik Nusantara yang dulunya penghuni Benua Atlantis sebelum dikirim banjir besar oleh Allah SWT, setelah banjir besar benua ini pecah menjadi 17.000 pulau yang sekarang disebut Indonesia, hanya beberapa etnik yang masih tersisa, selebihnya menjadi cikal bakal bangsa2 dunia antara lain bangsa India, Cina ( termasuk Jepang ), Eropa, Israel, Arab, dan Indian ( silahkan baca hasil penelitian Prof. Santos selama 30 tahun tentang Benua Atlantis terbitan Gramedia ). Dalam bahasa Jawi Kuno, arti jawa adalah moral atau akhlaq, maka dalam percakapan sehari-hari apabila dikatakan seseorang dikatakan : “ora jowo” berarti “tidak punya akhlaq atau tidak punya sopan santun”, sebutan jawa ini sejak dulunya dipakai untuk menyebut keseluruhan wilayah nusantara, penyebutan etnik2 sebagaimana berlaku saat ini adalah hasil taktik politik de vide et impera para penjajah. Sejak zaman Benua Atlantis, Jawa memang menjadi pusat peradaban karena dari bukti2 fosil manusia purba di seluruh dunia sebanyak 6 jenis fosil, 4 diantaranya ditemukan di Jawa, di Rusia, Cina dan Jepang ditemukan keris kuno, yang spektakuler di Jordania ditemukan kota kuno berumur 4000 th bernama JAWA. Menurut “mitologi jawa” yang telah menjadi cerita turun temurun, bahwa asal usul bangsa Jawa adalah keturunan BRAHMA DAN DEWI SARASWATI dimana salah satu keturunannya yang sangat terkenal dikalangan Guru Hindustan (India) dan Guru Budha (Cina) adalah Bethara Guru Janabadra yang mengajarkan “ILMU KEJAWEN”. Sejatinya “Ilmu Kejawen” adalah “Ilmu Akhlaq” yang diajarkan Nabi Ibrahim AS yang disebut dalam Alqur’an “Millatu Ibrahim” dan disempurnakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam wujud Alqur’an dengan “BAHASA ASLI (ARAB)”, dengan pernyataannya “tidaklah aku diutus, kecuali menyempurnakan akhlaq”. Dalam buku kisah perjalanan Guru Hindustan di India maupun Guru Budha di Cina, mereka menyatakan sama2 belajar “Ilmu Kejawen” kepada Guru Janabadra dan mengembangkan “Ilmu Kejawen” ini dengan nama sesuai dengan asal mereka masing2, di India mereka namakan “Ajaran Hindu”, di Cina mereka namakan “Ajaran Budha”. Dalam sebuah riset terhadap kitab suci Hindu, Budha dan Alqur’an, ternyata tokoh BRAHMA sebenarnya adalah NABI IBRAHIM, sedang DEWI SARASWATI adalah DEWI SARAH yang menurunkan bangsa2 selain ARAB. Bukti lain bahwa Ajaran Budha berasal dari Jawa adalah adanya prasasti yang ditemukan di Candi2 Budha di Thailand maupun Kamboja yang menyatakan bahwa candi2 tsb dibangun dengan mendatangkan arsitek dan tukang2 dari Jawa, karena memang waktu itu orang Jawa dikenal sebagai bangsa tukang yang telah berhasil membangun “CANDI BOROBUDUR” sebagai salah satu keajaiban dunia. Ternyata berdasarkan hasil riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, bahwa sebenarnya “CANDI BOROBUDUR” adalah bangunan yang dibangun oleh “TENTARA NABI SULAIMAN” termasuk didalamnya dari kalangan bangsa Jin dan Setan yang disebut dalam Alqur’an sebagai “ARSY RATU SABA”, sejatinya PRINCE OF SABA atau “RATU BALQIS” adalah “RATU BOKO” yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung2 di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting. Dalam literatur Bani Israel dan Barat, bangsa Yahudi dikenal sebagai bangsa tukang dan berambut keriting, tetapi faktanya justru Suku Jawa yang menjadi bangsa tukang dan berambut keriting ( perhatikan patung Nabi Sulaiman di Candi Borobudur ). Hasil riset tsb juga menyimpulkan bahwa “SUKU JAWA” disebut juga sebagai “BANI LUKMAN” karena menurut karakternya suku tsb sesuai dengan ajaran2 LUKMANUL HAKIM sebagaimana tertera dalam Alqur’an. Perlu diketahui bahwa satu2nya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman dan negeri yang beliau wariskan ternyata diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU dan meninggalkan negeri bernama SLEMAN di Jawa Tengah. Nabi Sulaiman mewarisi kerajaan dari Nabi Daud yang dikatakan didalam Alqur’an dijadikan Khalifah di Bumi ( menjadi Penguasa Dunia dengan Benua Atlantis sebagai Pusat Peradabannya), Nabi Daud juga dikatakan raja yang mampu menaklukkan besi (membuat senjata dan gamelan dengan tangan, beliau juga bersuara merdu) dan juga menaklukkan gunung hingga dikenal sebagai Raja Gunung. Di Nusantara ini yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah “SYAILENDRA” , menurut Dr. Daoed Yoesoef nama Syailendra berasal dari kata saila dan indra, saila = raja dan indra = gunung.
    Sudah menjadi keniscayaan sejarah, bahwa kemenangan Islam tahap pertama waktu “FUTTUL MAKKAH” dimana Nabi Besar Muhammad SAW. bersama orang2 beriman dengan konsisten melaksanakan perintah shalat sebagai kunci kemenangan dengan kondisi susah air, lalu Allah memberinya “SUMUR ZAM ZAM” yang penuh berkah, maka “FUTTUL MAKKAH KEDUA” akan terjadi melalui Indonesia, negeri yang penuh berkah dengan persediaan air tak terbatas ( zam zam di luar Makkah ). Dari Indonesialah pada suatu masa nanti akan bersatu sebuah kekuatan besar yang diinspirasi dari kekuatan spiritual Ibrahim, Daud, Sulaiman dan Muhammad SAW yang akan memenangkan Islam atas Zionis Israel dan para pendukungnya. Mudah2an bangkitnya peradaban nusantara akan mempersatukan kembali anak2 Adam yang terserak dalam lumpur rasisme.

  39. Hancurnya peradaban atlantis serta isinya bukan krn azab ataupun bencana!!tp efek dr pertempuran ke 3 tokoh jago dunia..penguasa nusantara.yaitu penguasa lautan pegunungan dan daratan.yg menguasai 4unsur kekuatan alam.yg disaksikan ksatria sluruh dunia dimana para saksi itupun mati semua krna imbas dr energi itu!tak ada yg bs menjelaskan ini.kecuali pewaris mutlak peradaban.dan akan terbukti keberadaanya di nusantara.salam

  40. Masukan tuk om winata.kata jawa dlm hal ini masih kurang tepat krn nusantara/atlantis adlh sunda besar yg kekuasaannya mencakup 2/3 wilayah dunia termasuk madagaskar sampai yugoslavia sdh pernah di tahlukan oleh ksatria2 nusantara pd masa itu. tuhan tdk pernah menghukum.adapun bencana yg terjadi krn bumi melakukan proses penyempurnaan diri sesuai dg kondisi yg sdng terjadi saat itu.KAMI DATANG DARI YANG TERDAHULU, UNTUK SAAT INI DAN MASA YG AKAN DATANG.

  41. Bani Adam Ibnu Jawa Al Jawi

    Nusantara/atlantis adlh sunda besar yg kekuasaannya mencakup 2/3 wilayah dunia termasuk madagaskar dari pendapat Saudara Skm pun masih kurang tepat kerana yang di maksudkan sunda besar disini ialah kekata nisbah, rangkuman, atau gelaran seperti Asia, Asia Tenggara, Eropah, Indocina, Kepulauan Hindia, Hindia Belanda dan sebagainya.. Bukan bermaksud kekuasaan penalukkan kerajaan atau lebih tepat lagi bukan bermaksud penaklukkan kerajaan sunda…

  42. yach..krn itu suatu bentuk dr jajaran wilayah sunda besar..knapa sy katakan ^para ksatria^ dlm artian ini harus di sikapi scr global dlm arti bisa juga khalifah.yg bertugas menata peradaban..jd maksud menguasai disini bukan bentuk dr menjajah.tp penjelasan tentang penyebaran tatanan peradaban yg berdasarkan ^ilmu hidup^ bukan aturan hidup.karena pd saad itu kondisi peradaban msh dlm bentuk barbar(di luar wilayah nusantara)..dan peradaban nusantarapun sdh ada sblm para nabi ada..atas peran siapakah yg sanggup merubah peradaban bumi beserta isinya..??..krn tuhan hanya tokoh..bukan pelaku..yg pasti para khalifah..mungkin ada yg lain mau di pertanyakan?..yg jelas kamipun tdk meninggalkan logika…insun rahayu balarea waluya..kl orang sunda bilang….

  43. udin malay

    ilmiah lah sedikit tu tuan-tuan dan puan-puan,,,kalau menulis sesuatu jadi dapat menentukan arah pembicaraan…dalam menentukan asal suatu bangsa,,,banyak sudut yg harus kita ambil,,,secara singkat aja kita buka ya….bahasa jawa itu,,,adalah bahasa yg sgt bnyak memasukan bahasa sansekerta(dr india—selatan) ini disebabkan pengaruh agama hindu yg dianutnya,,,bahasa ini dulunya hampir berdekatan dan berkerabat dg bahasa melayu kuno.sebgai saya org melayu,,,berketurunan bugis,,,minang,,,dan orang dr trengganu(malaysia) dan juga palembang,,,saya dan keluarga selalu menceritakan terombo/tambo dari mana asal kami,,,dan dari mana pengaruh budaya yg terpakai,,,dalam penyebaran agama buhda di jawa,,,merupakan gerakan besar yg dibawa oleh sailendra,,,raja sriwijaya,,,yg berasal dr india,,,mereka juga punya kekerabatan dg kerajaan kutai(buka silsilah kutai),,,dlm istilah melayu/minang sang sapurba,,,utk dinasti sailendra ini mereka masih memliki keturunan,,dinasti melayu yg beraja sekarang(walau sudah bercampur)…yaitu sultan perak,,,sultan siak,maupun secara umum negeri di semenanjung,,melayu jambi(di lanjutkan dinasti pagaruyung yg menikah dg keturunan dinasti majapahit),,yg merupakan anak ketrurunan sultan malaka,,,dan sultan melaka merupakan anak keturunan dari dinasti sriwijaya(yg memegang kedaulatan lebih dr 800 tahun),,,utk wilayah utara sailendra mmbawa agama ke kelantan,,,patani dan ke ayuthaya(thai–ayodhya..nama dr india)…akhirnya pasukan sailendra berhenti menguasai wilayah ayuthaya,,krn mereka telah beragama budha,,akhirnya pautng emas budha tersimpan di goa(riwayat budha ini terkenala di kelantan ,,patani).utk tanah jawa sailendra menyebar hgg ke jawa tengah,,terbukti dg gagahnya borobudur,,lihat relief akan nampak oleh awak semua perahu bercadik lambang kemajuan teknologi saat itu.bangsa lain kala itu belom menguasai teknologi perkapalan,,,org melayu,,sgt ahli dlm iltmu bintang,,,hgg kini secara umum terwariskan oleh org bugis yg nerupakan asimalsi org sumatera dan sulwesi.kami org melayu sll mencatat segala awal kami berada,,sailendra adalah org india…lihat kata sailan,,kami menyebut org srilangka,,sailan,,,ingat ,,kata langka…ada negeri melayu bernama langkasuka,,patani purba,,,langkapura.sebelum budha org sumatera umumnya pemeluk hindu namun akhirnya hindu berpindah ke budha ini disebabkan ajaran budha tidak mengenal kasta.akhirya islam,,krn konsep tauhid dan ketuhanan yg jelas karena org melayu umumnya lebih berpi,kir logis,,,mereka tdk mudah percaya dg hal-hal tahayul,,,tp pada intinya kita adalah bangsa melayu,,terima atau tidak terserah anda…melayu berasal dr kata malay yg artinya bukit.artinya bgsa melayu itu adalah mereka yg tggl di gunung2..mereka turun dr himalaya,,,makanya org melayu sama dg org champa,,org mekong,,dan vietnam,,termasuk mata org jawa bali…

  44. udin malay

    utk istilah atlantis kami di riau jg ada melakukan penelitian…yati tepatnya di negeri kuantan sengigi.yaitu bekas kerajaan kandis,,para sejarawan riau inginmeneliti,,tata letak yg sesuai apa yg tulis oleh org ttg benua atlantis,,,mmg hampir mirip,,,tp dr situ apakah kita lgsg mengklaim bhwa kita nenek moyang dr org atlantis,,masih tanda tanya sementara,,,,catatan yunani itu sekitar lima ratusan sebelum masehi,,,sementara cina sudah ada peradaban 2000 sebelum masehi..jg bngsa arab mesir,,,babilon,,india,,,kita blm ada tulisan nyata,,,yg ada hanya pitecantropus erectus,,,itu adalah kera purba,,,yg lambat laun mengecil,,hgg ukuran sekarang.logikanya begini,,,kok koloseum roma dan piramida giza itu besar sekali ukuran..pakai apa mereka mmbuat??????.manusia ini dulunya besar lama-kelamaan mengecil,,,jd masih banyak tanda tanya…..????????.dalam al-quran menyebutkan kita adalah keturunan adam.kalau kita menyimpulkan dr bhasa itu-bahasa ini agk sukar karena bahasa mengalami perubahan dr tahun ketahun jg dipengaruhi,,oleh hukum rimba(paham maksudnya kan?)jadi bukan jaminan,,dr pada org pandai malaysia aja saya mendapat hal baru,,dimana,,kata…. brahma…..erawal dr ibrahim..braham(yahudi),,,yg awalnya merupakan agama tauhid(yg mengaku satu tuhan)…namun agama ini mengalami perubahan dr tahun ke tahun,,,krn tdk terpelihara dg baik,,,shgg terjadi kerusakan yg amat parah,,shgg sikap pengikut anak cucu nabi nuh muncul kmbali yaitu,,kmbali meyembah patung yg awal mereka menghormati org alim tsb.

  45. Kl mo tau masalah silsilah ras/keturunan..baca aja karya dr oppenheimmer..nt bs tau siapa yg menurunkan bangsa cina dan taiwan..kl mslh kehebatan teknologi,mesir roma dan bangsa manapun sbnrny jg msh kalah jago dgn bangsa nusantara..buktinya batu piramid kwalitas unggul dr mana asalnya apa ada di mesir kwalitas batu spt itu..sblm bangsa arab,eropah,cina bisa bikin perahu.nenek moyang nusantara sdh merasakan pahit manisnya pelayaran maritim di muka bumi..dgn bukti peradaban yg dilahirkan di afrika.

  46. buktinya bangsa eropah br mampu melintasi samudra tanjung harapan 1000thn lebih stlh maritim nusantara..suatu bukti yg tak terbantahkan.bangsa indiapun merupakan negara bagian dr nusantara.kl mau tau apakah majapahit takut dgn bngsa melayu yg kecil?tidak! kenapa majapahit memakai bahasa sansekerta yg pemahaman manusia skrng adlh bahasa melayu..krn sansekerta adlh bhsa nusantara pdwktu itu.jd bkn bhasa dr india..justru india yg memakainya untk bahasa peradaban ereka.

  47. A. Aziz BSY

    Buat sahabat Udin Malay,yang anda maksud ILMIAH sebenarnya adalah PSEUDO ILMIAH, karena sdh menjadi DOGMA para ilmuwan khususnya ilmuwan Barat , mereka menempatkan metode mencari kebenaran diluar dirinya disebut TRADISIONAL ALIAS TIDAK ILMIAH, jadilah HADITS (cerita rakyat, cerita bersambung) dan Kitab Suci sebagai MITOS yang tidak ilmiah. Untuk melengkapi artikel saya di atas, berikut ini saya sampaikan sekedar tambahan info buat direnungkan yaitu dari http://www.ssq-dla.com yang telah menyelenggarakan EKSPEDISI MENJELAJAH NEGERI PARA NABI, situs Nabi Daud dan Sulaiman di Jawa Tengah, situs Nabi Nuh di Jawa Timur dimana di daerah ini terdapat kembaran Gunung Ararat di Turki yaitu gunung tempat berlabuhnya perahu Nabi Nuh, fosil perahu ini setelah diteliti archeolog Belanda menyimpulkan bahwa perahu tsb terbuat dari kayu jati berkapur, kayu ini hanya ada di Jawa. Setelah fosil kayu ini umurnya diukur melalui tehnik Isotop C14, ternyata Nabi Nuh hidup setelah zaman Nabi Ibrahim dan tempat tinggalnya di Tanah Jawa, tentu fakta ini perlu diteliti lebih lanjut.

    Disamping itu ada fakta lain tentang situs Nabi Daud dan Sulaiman di Yerusalem sebagaimana dimuat Majalah Times edisi 1 Februrari 2010, yang memuat pernyataan Ravael Grinberg, seorang dosen di Universitas Tel Aviv. Ia mengatakan, “Secara teori, seharusnya Anda sudah mendapatkan sesuatu hanya setelah melakukan penggalian selama enam minggu. Tapi nyatanya setelah dilakukan penggalian tanpa henti selama dua tahun, tidak ada hasil apapun yang memuaskan.”
    Times menyebutkan, dalam empat tahun terakhir, berbagai organisasi Yahudi ekstrim sudah mengepung kota Jerussalem untuk melakukan penggalian bawah tanah di sekitar dan bawah Masjid Al Aqsha. Termasuk Organisasi Eilad, yang juga focus bekerja untuk mendirikan pemukiman imigran yahudi di Jerusalem. Selain itu, juga lembaga Eir David yang focus melakukan penggalian di Silwan. Menurut Profesor Finskltain asar Israel, yang juga ilmuwan sejarah di Universitas Tel Aviv, “Mereka yang melakukan penggalian bawah tanah di Jerussalem mencampur adukkan antara agama dengan ilmu pengetahuan. Eilad meyakini dogma agama bahwa ada peninggalan sejarah Daud di sana, tapi sampai sekarang tak pernah ditemukan.”
    Selain itu, Profesor Yone Mazarahe, juga pakar arkeologi Israel mengatakan, “Eilad tidak menempukan apapun dari penggalian. Bahkan sekedar plang tulisan Selamat Datang di Istana Daud, juga tidak ditemukan. Mereka hanya mendasarkan keyakinan pada teks teks yang dianggap suci oleh mereka sebagai panduan penggalian.”

    Dari fakta2 ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa Bani Jawi (suku2 di Nusantara) ini adalah Bani Israel yang tetap beriman kepada Nabi Musa dan mendiami tanah yang dijanjikan (THE PROMISED LAND) yaitu Benua Atlantis yang sekarang disebut Indonesia, sedang Bani Israel yang berdiaspora ke seluruh dunia adalah mereka yang dikutuk oleh Allah karena mendustakan Nabi Musa AS. Adapun Bani Israel yang sekarang menjajah Palestina sebenarnya Yahudi jadi2an, maksudnya Bani Israel dari suku ke 13 yaitu SUKU KAZAR, hasil kawin campur Bani Israel yang berdiaspora dengan penduduk lokal dan saat ini posisinya mayoritas. Klaim atas Yerusalem sebenarnya sebuah kekeliruan yang disengaja, padahal Yerusalem, Temple of Solomon dan Taabut yang mereka cari selama ribuan tahun berada di Tanah Jawa yaitu CANDI BOROBUDUR DAN NEGRI SLEMAN di Yogyakarta.

    Dalam Alqur’an “taabut” artinya “kode rahasia kerajaan” yang disimpan oleh Nabi Daud, saat ini “taabut” tsb sedang dibuka rahasianya melalui candi2 yang dibangun sejak zaman Nabi Sulaiman khususnya “Candi Borobudur”, perlu diingat sebenarnya kata “CANDI” berasal dari kata “SANDI” artinya “KODE RAHASIA”, dengan demikian rahasia jejak para nabi akan segera terkuak setelah ayat Allah berupa tulisan bergambar yang ada pada candi2 di Negeri Sleman di “puzzle”kan dengan ayat2 Allah dalam Alqur’an.

    Sebagian besar ummat Islam saat ini terkecoh oleh keyakinan bahwa ” Palestina” adalah negeri yang diberkahi dan Yerusalem adalah kota suci Islam ketiga setelah Makkah dan Madinah, hal ini karena ummat Islam banyak terpengaruh hadits2 Israeliyat khususnya tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Perlu ekstra hati2 dlm mengutip hadits tentang Isra’ Mi’raj karena sebagian besar hadits palsu dan dibuat oleh kaum munafik dari kalangan Bani Israel, para ahli hadits menyebutnya sebagai HADITS ISRAILIYAT. Karena hadits2 inilah ummat Islam di luar Palestina terseret dalam permusuhan dengan Israel dan menjadikan Yerusalem sebagai kota suci ketiga ummat Islam, padahal waktu kanjeng Nabi Isra’ Mi’raj apa yang disebut Masjidil Aqsa sebenarnya adalah Gereja, waktu itu Yerusalem masih dikuasai Roma. Kalo waktu itu dikatakan Nabi menjadi imam shalat berjamaah dengan para Nabi, pertanyaannya shalat apakah gerangan ? Sementara dalam hadits2 Israiliyat tsb dikatakan Isra’ Mi’raj dalam rangka menjemput perintah shalat 5 waktu sebagai hasil transaksi antara Nabi dengan Allah SWT dengan Nabi Musa sebagai konsultannya, pertanyaan berikutnya adalah mengapa harus Nabi Musa yang menjadi rujukan Nabi Muhammad ? Inilah cerdasnya Bani Israel yang telah berhasil menusuk jantung aqidah ummat Islam melalui hadits2 palsunya hingga ummat Islam terpecah belah, energi terkuras habis hanya untuk memikirkan Masjidil Aqsa, sementara Bani Israel karena ketekunannya telah berhasil menguasai dunia melalui infiltrasi kesegenap lini kehidupan. Saat ini fokus mereka adalah Indonesia khususnya Tanah Jawa, mengapa Jawa ? Dalam Alqur’an dikatakan bahwa “ULAMA2 (ILMUWAN) BANI ISRAEL” mengenal Alqur’an sebagaimana mereka mengenal anak2nya sendiri, tentu saat ini sebenarnya banyak ilmuwan Bani Israel yang mengetahui fakta2 yang ditunjukkan oleh Alqur’an, salah satunya adalah tentang Nabi Daud dan Sulaiman.Cobalah kita mengambil ibrah dari kemampuan Nabi Daud As dalam teknologi peleburan besi dan manajemen pengelolaan gunung yang diwariskan di Tanah Jawa ( Atlantis ) banyak meninggalkan bangunan2 misteri semisal Candi Borobudur, Piramida2 Mesir dan Piramida Aztek. Dalam peradaban ini para pendirinya adalah 3 sosok yang luar biasa yaitu Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS dan Ratu Bilqis yang masing2 diberi kelebihan oleh Allah SWT. Sampai saat ini negeri kita adalah satu2nya negeri yang paling banyak diwarisi gunung berapi dan deposit besi titanium tak terbatas, yang tersebar di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Besi titanium ini sejak zaman Nabi Daud sampai sekarang digunakan sebagai bahan baku pembuatan senjata khususnya KERIS, besi titanium ini juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan PESAWAT RUANG ANGKASA, dan saat ini disekitar Candi Borobudur sedang dipersiapkan berdirinya Perguruan Tinggi Nuklir yang akan mempersiapkan desain dan pembuatan PESAWAT PIRING TERBANG oleh Tim SSQ, hanya dengan menguasai teknologi pesawat piring terbang, ummat Islam bakal mampu mengalahkan Zionis Israel dan para pendukungnya yang cenderung semakin destruktif di muka Bumi, Yahudi memang hanya bisa dikalahkan oleh Yahudi beriman karena memang kecerdasan dan ilmunya juga sepadan. Tapi aneh bin ajaib, sekarang ini banyak perusahaan2 skala dunia yang secara tersembunyi berafiliasi dengan Israel berlomba-lomba mengajukan ijin untuk mendirikan pabrik peleburan besi titanium di pantai selatan Jawa, sementara perusahaan2 besar lainnya yang sebagian besar juga milik orang Yahudi, baik Yahudi Eropa maupun Amerika sudah malang melintang menguasai hajat hidup bangsa Indonesia, sepertinya mereka akan mengembalikan penjajahan ala VOC tempo dulu (VOC adalah perusahaan milik Yahudi Belanda yang berhasil menjajah Indonesia).

  48. sok nulis sejarah tapi latar belakang kompetensi … ekonomi, gimana nich !

    • sejarah tak terkait akademisi,..dari pada juragan bugil dan cabul,..ga punya kompetensi apa2,..tdk menghargai pandangan orang lain,..sy dukung terus pak aziz..

  49. memang yang namanya sejarah, apalagi untuk membuktikan masa lalu yang sudah berumur 2000 atau 5000 tahun yang lalu memang bukan perkara yang mudah, semudah membalikkan telapak tangan. jika jawa adalah pusat peradaban dunia dan nusantara konon dahulu pecahan dari benua atlantis memang terlalu jauh untuk kita yakini, namun setidaknya harapan untuk memahami masa lalu bangsa kita sebagai bangsa yang sangat maju dan dikagumi pada masa lalu, memang harus benar-bnar kita pahami.

    1.saya pernah membaca dan kebetulan teman saya yang bekerja di thailand pulang dan bercerita, bahwa di suatu desa di pataya thailand terdapat desa yang berasal dari pulau jawa, bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah bahsa jawa, berikut dengan cara berpakaian dan cara menanam padi yang mirip dengan masyarakat bali. mengapa? menurut teman saya, masyarakat ini dahulunya(nenek moyang mereka adalah orang jawa pada masa majapahit) karena hubungan antara majapahit dan kerajaan di thsiland(kerajaan ayuttaya) dulu sekitar 1400an terjalin dengan baik dan sang raja dari thailand sangat kagum melihat masayarakat yang hidup dibawah pemerintahan majapahit. kemudian sang raja dari thailand meminta satu desa tersebut untuk hidup dikerajaannya sebagai contoh teladan bagi masyarakat di kerajaan ayuttaya. bahkan sampai saat inipun desa itupun masih ada dan para penerusnya masih memegang prinsip-prinsip leluhur dari tanah jawa.

    2. kebetulan saya dalah pemerhati sejarah baik sejarah barat atau timur, salah satu dosen arkeolog dan juga sejarah pernah bercerita kepada saya bahwa, sebuah kerajaan jika berani membangun sebuah candi itu bukan asal-asalan. kerajaan yang berani membuat candi, itu berarti kerajaan tersebut telah sangat maju baik wilayahnya, ekonomi, maupun masyarakatnya yang sudah hidup secara makmur. jika semua itu sudah terpenuhi barulah raja dan para pengikutnya berani membangun candi.

    3.suatu saat saya bertaya kepada salah satu teman yang kebetulan adalah seorang ahli seni rupa, apakah pahatan-pahatan di candi borobudur menurutmu dibuat lebih dari 1 orang??? teman saya hanya menggeleng dan menjawab,”Pada dasarnya dalam seni rupa setiap perupa atau pelukis mempunyai garis ekspresi dan ciri khas masing-masing, namun hal itu tidak terlihat pada candi borobudur” so????

    4. setidaknya bagi mereka yang percaya ramalan-ramalan. pasti tak asing dengan nama jayabaya yang meramal setelah adanya zaman kalatida dan zaman kalabendu(pncak kekacauan di nusantara)maka akan muncul zaman kalasuba dimana negri akan muncul satria piningit yang akan membawa negri ini makmur kembali. jayabaya bahkan jauh sudah meramal perseturuan antara raja brawijaya terakhir dengan sabdapalon, dan sabdapalonpun berucap,”selama 500 tahun islam memasuki pulau jawa dan nusantara maka akan selalu ada kekacauan sampai datangnya ajaran budi.”

    baca artikel yang dimuat di jawa pos tanggal 8 januari 2010 tulisan Sujiwo tejo

    http://ayemmo.wordpress.com/2010/01/29/ramalan-kedelapan-jayabaya/

    5. jika dibubungkan antara ramalan jayabaya tentang satrio piningit dan hadist nabi Muhammad SAW tentang datangnya imam mahdi di negri jauh di timur yang direspon oleh para sahabat nabi untuk menyebarkan islam nusantara. tentunya menyebarkan agama islam di nuasanyara bukanlah sesuatu yang tak disengaja namun sudah diperhitungkan dari awal, bahkan konon di Sumatra utara terdapat makam dari sahabat nabi Muhammad SAW.

    Dan telah mengeluarkan Ibni Abi Syaibah dan Nu’aim bin Hammad dalam Al Fitan dan Ibnu Majah dan Abu Nu’aim dari Ibnu Mas’ud, katanya : “Ketika kami berada di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba datang sekelompok anak-anak muda dari kalangan Bani Hasyim. Apabila terlihat akan mereka, maka kedua mata Rasulullah berlinang air mata dan wajah beliau berubah. Akupun bertanya : “Mengapakah kami melihat pada wajahmu, sesuatu yang kami tidak sukai?”. Beliau menjawab : “Kami Ahlul bait telah Allah pilih untuk kami akhirat lebih dari dunia, kaum kerabatku akan menerima bencana dan penyingkiran sepeninggalanku kelak, sampai datangnya suatu kaum dari sebelah Timur yang membawa bersama mereka panji-panji berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan , tetapi tidak diberikannya. Maka mereka pun berjuang dan memperoleh kemenangan. Lalu diberikanlah apa yang mereka minta itu, tetepi mereka tidak menerimanya hingga mereka menyerahkannya kepada seorang lelaki dari kaum kerabatku yang memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi dipenuhi dengan kedurjanaan. Siapa diantara kamu yang sempat menemuinya, maka datangilah mereka walalupun merangkak di atas salji. Sesungguhnya dialah Al Mahdi.”

    SAYA MEYAKINI KEJAYAAN SUATU BANGSA ITU SEPERTI SEJARAH YANG HANYA BERPUTAR. . .JIKA KINI KITA TERBURUK DAN BANGSA LAIN SEPERTI ZIONIS DAN ANJINGNYA AMERIKA SERIKAT TERTAWA,MAKA BUKAN SESUATU YANG MUSTAHIL JIKA SELANJUTNYA NUSANTARA YANG TERTAWA DAN AKAN MENJADI GARDA DEPAN DI DUNIA SEPERTI YANG DIKATAKAN BUNG KARNO. . .JIKA SAUDARA-SAUDARA MENGELAK DAN PESIMIS ITU HAK ANDA, NAMUN BIARKANLAH KAMI OPTIMIS DAN PERCAYA AKAN HAL ITU.

  50. sedana yoga

    kekurangan kita adalah: dokumentasi kita thd peristiwa yg lalu sangat kurang (entah karena tidak ada atau sengaja dihilangkan oleh pihak2 tertentu). bahkan catatan2 sejarah kita pun kurang sekali. makanya kita berkutat pada kata “MUNGKIN” TAPI MENURUT SAYA, YG PENTING CINTA NUSANTARA! kayaknya sih begitu!

  51. udin malay

    ass.betol skali tu wak, sejarah tu perlulah kita pecah bersama,,,yg tau pasti seratus persen tu ya allah swt. mengenai panji hitam dri timur banyak juga sumber yg saya baca.yaitu almahdi kalau kita merunut secara garis besar keturunan para sayid dan para pewaris nabi yg terbanyak adalah bumi nusantara ini.melayu/jawi sebanarnya adalah sama.coba kita runut silsilah nabi adam sampai nabi muhammad.di tambah lagi turunan para turunan nabi muhammad yg ada di nusantara.kami di siak – Riau.dapat merunut turunan para nabi hingga ke sultan syarif kasim.sultan terakhir kerajaan siak.makanya kami melayu siak merasa saudara kita ada di cirebon(syarif hidayatullah).banten turunan maulana malik ibrahim,syarif ali sultan brunei, syraif kebungsuan di mindanao, sultan pontianak,,saudara dr makasar,ternate tidore(baca silsilah nabi adam hingga nabi muhammad) dan calon panji hitam dr timur.baca juga situs sang tawal sakranta, jaringan ulama nusantara oleh wan saghir muhammmad.ulama patani, aceh…yg perlu kita garis bawahi adalah para sayid, wan, sebagian tengku sayid, dan sebagian raden turunan dr ampel adalah mereka sangat menjaga silsilah mereka,,,

  52. Lubisch

    Sejarah adalah masa lalu yang pasti diselubungi misteri, kita wajib mempelajari sejarah namun janganlah mengharapkan kebenaran matematis. Sejarah kemarin saja sudah kalang kabur, G30S, SUPERSEMAR, Malari malah 14 Mei juga berantakan. Yang perlu kita usahakan kedepan bagaimana strategi kita bisa bangkit dari keterpurukan ini, semoga!!!

  53. Budak Angon

    @ yth bangsa Mala/Bani Jawi

    Wahai bangsa Mala/bani jawi …… bangunlah dari tidurmu yg panjang!!!
    aku sudah lelah berkali2 berusaha membangunkan kesadaranmu. Berbagai penemuanku dan juga argumenku belum cukup untuk membangunkan kesadaranmu.
    Baiklah! aku akan ingatkan kembali, agar pulih pemahamanmu, aku bisikan di telingamu tentang wasiat terahasia dari leluhur kita nabi Ibrahim a.s.
    Walaupun aku tahu memang belum waktunya kamu terbangun, membutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun lagi? atau mungkin suaraku terlalu lemah dan serak untuk membangunkanmu?
    Jika habis kesabaranku aku akan sadarkan dgn cara KEKERASAN! bumi akan aku goncangkan sekeras2nya, hingga gunung2 menggelegar dan air laut tumpah kedaratan atau bahkan menggenangi kamu! Tapi bagaimana caranya? aku sendiri lemah tak berdaya….. ingatlah …. ingatlah wahai kaum bani jawi! dulu kamu pernah jaya. Kini ibumu Keturah telah memanggilmu.
    Baiklah aku mengalah, dengarkan lagi ceritaku sekedar usaha menyadarkan, wahai bani jawi ….. carilah tentang siapa dirimu? dari mana kamu berasal? ini semua aku lakukan agar kamu teringat kembali akan asal-usulmu ….. aku menangis meraung-meraung melihat kamu tertidur bagaikan mayat …. ya bagaikan mayat berjalan.
    Bangunlah dari tidurmu, jika kamu bangun aku percaya pasti kamu akan ingat akan “hirup” dan “ngahuripkeun” tali Alloh, itulah keadaanmu dulu mengemban amanah leluhur kita nabi ibrahim a.s. …. itulah janjimu “hidup” di dunia ini, jika keadaanmu telah “hidup” kamu akan seperti nama ibumu Keturah yg selalu harum mewangi selamanya ……

    WASIAT TERAHASIA NABI IBRAHIM A.S.

    Nb ibrahim a.s. bapak para nabi, mempunyai 3 (tiga) istri yaitu Siti Sarah, Siti Hajar dan Siti Qanturah (Qatura/Keturah). Sarah melahirkan Ishak (Isaac), Hajar (Hagar) melahirkan Ismail (Ishmael) dan Keturah melahirkan 6 (enam) org anak yaitu Zimran, Jakshan, Medan, Midian, Ishbak dan Shuah.
    “Now the sons of Keturah, Abraham’s wife:she bare Zimran, and Jokshan, and Medan, and Midian, and Ishbak, and Shuah. And the sons of Jokshan; Sheba, and Dedan.” (Genesis 1:32)

    Dari istri Keturah lahir bani jawi, agama jawi adalah agama nabi Ibrahim a.s. dan dari sinilah kelak akan lahir SP/RA/al-mahdi.
    Fitnah telah terjadi thdp istri2 nb Ibrahim a.s., hanya Sarah sj yg disebut istri. sedangkan Hajar dan Keturah disebut gundik. Rahasia terbuka, ternyata Siti Hajar yg difitnah sbg budak ternyata adalah putri Firaun yg dihadiahkan kpd Nabi Ibrahim a.s. untuk menebus rasa bersalah Firaun ketika berkali2 ingin memperkosa Siti Sarah semasa nb Ibrahim a.s. & Siti Sarah dalam tahanan. Dengan kuasa Allah swt setiap kali Firaun datang hendak berbuat senonoh memperkosa Siti Sarah, perbuatannya selalu terhalang secara aneh berkat doa nb Ibrahim a.s.. Dari situlah baru Firaun sadar bahwa nb Ibrahim bukanlah orang sembarangan, beliau orang suci yg harus dihormati. Akibat rasa bersalah yg teramat sangat maka bukan saja Firaun membebaskan kedua2nya tetapi malah menghadiahkan kpd mereka dgn seorang perempuan muda yg tertutup wajahnya sbg “kifarat” dan hadiah kpd Nb Ibrahim. Rahasia perempuan muda ini terbongkar ketika berjalan pulang dimana nb Ibrahim membuka tutup kepala perempuan itu sambil mempertanyakan asal-usulnya. Alangkah terkejutnya Nb Ibrahim dan Siti Sarah mendengar pengakuan bahwa dia adalah anak perempuan Firaun, dia seorang putri raja agung. Tersentuh hati nb Ibrahim sambil berucap rasa syukur kpd Allah swt yg hendak berkehendak menjaga keturunan sebaik-baiknya.
    Jadi keturunan nb Ibrahim yg bernama Ismail yg turun kpd nb Muhammad saw adalah keturunan raja dari raja yg agung Firaun yg pengaruhnya melewati Anatolia dan Kanaan ketika itu (Firaun ini berbeda dgn Firaun pd jaman nb Musa, karena Firaun ini hidup lebih lama dari Ramses II karena sejaman dgn Nb Ibrahim a.s.).
    Pada jaman nb Ibrahim tdk ada bangsa yg disebut sbg Yahudi dan sesungguhnya nb Ibrahim bukanlah seorang Yahudi, beliau berasal dari satu kaum purba yg sejaman dgn bangsa Hittites yg telah raib dan bangsa misteri di mesir (Firaun tadi) yg mungkin mewarisi rahasia piramid (segi tiga piramid yg sering budak angon sebut2 he he …. ) dan teknologi canggih zaman itu kpd bangsa Qibti yg menjadi pemerintah setelah itu termasuk Ramses II di jaman nb musa a.s.
    Al-Qur’an surah Ali Imran 65-68 :
    “Wahai ahli-ahli kitab! mengapa kamu berani berbantah-bantahan tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim, apakah kamu tidak berfikir?
    Beginilah kamu, kamu ini bantah-bantahan ttg hal yg kamu ketahui, maka kenapa kamu bantah membantah ttg hal yg tidak kamu ketahui? Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui. Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yg lurus lagi berserah diri dan sekali-sekali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musrik

    Siapakah istri ke-3 yg bernm Keturah yg melahirkan bangsa Mala? atau bani Jawi?
    Didalam mitologi jawa, diceritakan bahwa salah satu leluhur bangsa sunda (jawa) adalah Batara Brahma atau Sri Maharaja Sunda yg bermukim di Gunung Mahera.
    (Mala itu artinya gunung? bukankah Walwatika & saelendra juga yg dimaksud adalah orang2 gunung? ia ada dimana? ada di tanah nusantara ini?)
    Babad tanah jawa, silsilah batara brahma, bermula dari nb Adam yg berputra nb Syits, kemudian berputra Sang Hyang Nur Cahya berputra Sang Hyang Nur Rasa berputra Sang Hyang Wenang berputra Sang Hyang Tunggal berputra Batara Guru berputra Batara Brahma.
    Kitab al-kamil fial tarikh karya ibnu athir, menyatakan bahwa bani jawi (bangsa sunda, jawa, melayu sumatera, bugis ….. dsb) adalah keturunan nabi ibrahim a.s.
    Bani Jawi sbg keturunan nb ibrahim semakin nyata ketika baru2 ini penelitian prof. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) mendapatkan data bahwa di dalam DNA melayu tdp 27% variant mediterranaen (merupakan DNA bangsa2 EURO-semetik). Variant mediterranaen sendiri tdpt juga dalam DNA keturunan nb ibrahim yg lain spt pd bangsa arab dan bani israil.
    BRAHMA ADALAH NB IBRAHIM? Mitos/legenda terkadang merupakan peristiwa sejarah, akan ttpi peristiwa tsb menjadi kabur ketika kejadiannya dilebih lebihkan dari kenyataan yg ada. mitos brahma sbg leluhur bangsa2 di nusantara boleh jadi merupakan peristiwa sejarah yakni mengenai kedatangan nb ibrahim untuk berdakwah, dimana kemudian beliau beristri Siti Qanturah (Qatura/Keturah) yg kelak akan menjadi leluhur bani jawi.
    Nb Ibrahim berasal dari bangsa ibriyah atau ‘abara yg berarti menyebrang, nama ibrahim merupakan asal dari nama brahma. Beberapa fakta :
    # nb ibrahim memiliki istri bernama sara, sementara brahma pasangannya bernama Saraswati.
    # nb Ibrahim hampir mengorbankan anak sulungnya Ismail, sementara brahma terhadap anak sulungnya atharva.
    # brahma perlambang monotheisme yaitu keyakinan kpd TYME (brhaman), sementara itu nb Ibrahim adalah rasul yg mengajarkan ke esaan Allah.
    # nb ibrahim mendirikan baitullah (ka’bah) di Bakkah (Makkah), sementara brahma membangun rumah tuhan agar tuhan di ingat di sana.

    Suku jawa sdh sejak dulu menganut monotheisme spt keyakinan adanya Sang Hyang Widhi atau sangkan paraning dumadi. Selain suku jawa pemahaman monotheisme juga tdpt di dalam masyarakat sunda kuno. hal ini bisa kita jumpai pd keyakinan sunda wiwitan mereka meyakini adanya Allah Yang Maha Kuasa yg dilambangkan dgn ucapan bahasa “nu ngersakeun” atau disebut juga Sang Hyang Keresa.
    Adalah wajar mayoritas bani jawi menerima islam sbg penyempurna ajaran monotheisme (tauhid) yg dibawa leluhur nb Ibrahim a.s.

    Kita telusuri bait 28 kitab Musarar Jayabaya
    “Prabu tusing waliyullah, kadhatone pan kalih, ing mekah ingkang satunggal, tanah jawi kang sawiji ……………….”
    (raja utusan waliyullah berkedaton dua di mekah yg pertama, tanah jawi yg satu ….)

    Mungkin cucu cicit gadis misteri Kuturah ini tadi ada di situ? Bangsa Keturah telah bersatu di tanah jawa di tanah yg dijanjikan “the land of the east”. Akan tetapi apakah mrk masih teringat akan amanat nb Ibrahim a.s.?
    ajaran Ibrahim janganlah dilupakan, bangsa ini telah lupa ingatan ……………!
    wahai bani jawi cobalah ingat2 lagi amanah wasiat terahasia nb Ibrahim, dengarkan !
    saat detik-detik nb ibrahim akan menutup mata terakhir! Beliau mengumpulkan anak2 Keturah ……………………..
    “Abraham took another wife, whose name was Keturah.She bore him Zimran, Jokshan, Medan, Midian, Ishbak and Shuah.Jokshan was the father of Sheba and Dedan; the descendants of Dedan were the Asshurites, the Letushites and the Leummites.The sons of Midian were Ephah, Epher, Hanoch, Abida and Eldaah. All these were descendants of Keturah.” (Genesis 25:1-4)

    Nb Ibrahim pun memanggil anak2nya dari Keturah, zimra, jukshan, madyan, ishbak, medan dan shuah pun mengelilingi ayahnda yg sudah sepuh. Mereka semua sudah melewati usia remaja dan tumbuh sbg anak2 yg kuat dan cerdas menuruni kehebatan bapak mereka serta sifat tenang siti keturah wanita misteri dari timur. Nb Ibrahim berpesan kpd mereka suatu PESAN YG TERAMAT PENTING. kelihatan satu persatu air mata mengalir ke pipi pada wajah anak2nya.

    Nabi Ibrahim a.s. menjelang menunggu dijemput oleh malaikat maut, terkenang akan masa lalu yg telah ia lalui, dalam hati nb Ibrahim amat bersyukur kpd Allah swt karena memberikan anugrah yg berlimpah2 selepas kehamilan Sarah istri pertama yg sekian lama tidak melahirkan anak dan nyaris dianggap mandul (QS Hud :72).
    Ketenangan lebih terasa di wajah nb Ibrahim setelah Siti Sarah tidak lagi menunjukan perasaan cemburu kpd siti Hajar dan anaknya Ismail. Semua misi dan perintah Allah swt telah dijalankan dgn tabah dan bijaksana, seperti berjalan melitasi empayar firaun kuno (Allah swt menakdirkan beliau bertemu dgn istri keduanya yaitu siti Hajar), perdebatan dgn raja Namrud (nimrod), peristiwa di bakar api besar, peristiwa hijrahnya siti Hajar dgn Nb Ismail serta perintah mengorbankan anaknya.
    Disaat-saat ajan sudah dekat, Allah swt pun mewahyukan kpdnya untuk melaksanakan satu misi penting sebelum menutup mata di dunia fana ini. SATU MISI TERAHASIA yg hanya terungkap dalam munuskrip kuno yg dicari-cari, yang tersembunyi ………….

    “Jika itu yg Allah swt perintahkan kpd ayahanda, kami sanggup melaksanakan, semoga Allah swt memberkati kita semua dengan rahmat dan kasih sayangNya”

    Nb Ibrahim tersentak dari lamunannya takkala mendengar seorang anaknya berkata demikian. Lega hati nb Ibrahim demi mendengar kata2 anak2nya, satu persatu menyatakan KESANGGUPANNYA melaksanakan perintah Allah swt, maka Nb Ibrahim pun bangkit dari tempat duduknya. Beliau kelihatan MENGAMBIL SESUATU …… anak2nya berpandangan satu sama lainnya. APA YG INGIN DILAKUKAN OLEH AYAHNDA MEREKA?

    “Abraham left everything he owned to Isaac.But while he was still living, he gave gifts to the sons of his wife and sent them away from his son Isaac to the land of the east” (Genesis 25:5-6)

    Nb Ibrahim pun MEMBERIKAN SESUATU yg amat BERHARGA kepada anak2nya, SESUATU YG MENJADI RAHASIA KPD KETURUNAN KETURAH. KUNCI-KUNCI RAHASIA PERMATA-EMAS atau MEWARISKAN PUSAKA (KERIS) juga sebagai tanda menunjukan mrk adalah keturunan nb Ibrahim “patriach” bertaraf rasul yg bergelar kekasih Allah swt. RAHASIA YG DICARI-CARI DIBURU DAN DI IDAM2KAN KAWAN DAN LAWAN.

    Musarar Jayabaya (asmarandana) no.10.
    Ecis wesi udharati, ing tembe ana maulana, pan cucu rasul jatine, alunga mring tanah jawa, nggawa ecis punika, kinarya dhuwung puniku, dadi punden bekel jawa”

    (sejata pusaka keris berguna untuk mengatasi masalah, kelak kemudian hari ada maulana, masih cucu rasul yg mengembara sampai ke pulau jawa membawa pusaka tsb kelak menjadi cikal bakal tanah jawa)

    “…sent them away from his son Isaac to the land of the east.” (Genesis 25:6 New International Version)

    maka mereka anak2 Keturah bergerak ke arah timur …
    melintasi padang pasir dan kota-kota Akkadia-Babilon, di suatu tempat mereka pun berhenti dan membincangkan sesuatu, melaksanakan perintah Allah swt yg diwariskan oleh ayahnda mereka dibaca kembali satu persatu. mereka pun berdiskusi dan kelihatannya mereka berpencar menjadi dua.

    Diatas adalah petikan dari kitab kejadian dan kitab injil yg merupakan penyimpanan rahasia terbesar berkenaan satu bangsa yg berkerak ke timur dunia bagi pengembangan keturunan manusia seperti yg diperintahkan Allah swt.
    Bangsa terahasia inilah yg merupakan PEMEGANG RAHASIA AKHIR JAMAN, SEKALIGUS YG MENJADI SUMBER ALTER TERAHASIA BANGSA MISTERI.

    Apakah yg dimaksud ALTER?
    alter (kemampuan spritual luar biasa yg menakjubkan) selalu tersembunyi dibelakang personaliti utama yg membayang2i alter2 tersembunyi di belakang personaliti utama yg membayangi alter2 tadi. ttp apabila subyek berada dalam keadaan tertentu dimana personaliti utama tidak mampu menangani, alter ini akan tiba2 muncul dan bereaksi (menakjubkan), maka subyek td akan berubah menjadi alter lain berbeda dari alter utama (personaliti utama). Alter inilah yg tersembunyi didalam setiap orang bani jawi YANG KENAL DIRINYA, ASAL USULNYA DAN SIAPA DIRINYA YG SEBENARNYA?

    Kini mereka keturunan Keturah telah sampai ditempat yg dimaksud, mereka bertemu kembali dan berpeluk-pelukan dan merayakan kemenangannya telah menemukan benua yg dijanjikan. Kerena kelelahan mereka tertidur panjang, istirahat dengan lelapnya. tanpa ada yang mengganggu. bangsa yg hilang tetap tersembunyi. AJARAN IBRAHIM MAKIN BANYK DILUPAKAN, TIADA SIAPA LAGI YG MENGETAHUI TTG TUHAN YG MAHA ESA ………

    Akan tetapi generasi bangsa jawi yg tumbuh tetap mencari Tuhan di tanah Jawi, datanglah Hindu, Budha, Islam ….. telah menemui sesuatu yg hilang sejak ribuan tahun silam, mengingatkan wahyu warisan dari ayahnda nabi Ibrahim a.s. ……….
    Kemudian datang UJIAN …… datang imperalis Portugis, Belanda, Inggris …… nusantara sebagai bangsa Mala yg dulunya bersatu telah cerai berai terbelah belah ………

    Mangan ora mangan asal kumpul katanya setelah di jajah oleh imperalis, menjadi bangsa yg tidak bersemangat. Layu …
    Dimanakah alter terahasia bangsa jawi? dimana?
    Bangsa terbaik, agama terbaik …… apabila bangsa ini menghayati agama sendiri, maka akan terangkatlah ALTER TERAHASIA BANGSA JAWI.

    Wassalam

    • aryasuryavwijayateja,ring_tanjungpuraketapang

      salam dan hormat,trimakasih telah membukakan rahasia jawi-jawa-indonesiasemuanya bagi teman-teman semuanya,dari dalam alkitab apa yang kita perlu kita ingat kembali perlu kita pelajari untuk kembali ke jati diri demi kemajuan Indonesia. baiklah kita semua mengetahui dan kini sebagian putraputri jawi boleh juga mengetahui mengapa Yang Maha Pencipta/Kuasa rela bermurah hati bernehendak(karna Dia(He)Yang Maha Kuasa/Kehendak) berkenan jadi manusia di Tanah Israel Tugas si sulung tetap tanggung jawab Ishaac,membimbing saudarasaudarinya dengan Perjajianlama,deuterokanonika,injil yang secara tekun ditulis oleh keturunan Abraham ke Ishaac,ke Yakub satu persatu generasi ke generasi. DIA/HE ingin melawat manusia ciptaanNYA. Hak sulung bukan untuk diperebutkan, anak sulung dari penerus anak sulung, Bani Israel brtugas berat tanggung jawab berat, salah sedikit peringatan Tuhan datang melalui para nabi dan hakim dinubuatkan bagi mereka, bencana bahkan terusir,hak atau warisan seberat inilah rupanya yang harus ditanggungjawab turunan sulung ,kalau mereka benar mereka boleh kembali ke tanah Israel dulu disebut kanaan, waktu mereka pergi ke mesir di jaman Yakub Yusuf tempati orang lain/filistin-kreti-pleti,tanah yang dimaterai oleh coretan tanganNYA/HIS di tanah di depan wanita yang direndahkan yang akan dirajam.LudahNYA/HIS yang bercampur tanah menyembuhkan kebutaan, darahNYA/HIS membasahi tanah dari bukit zaitun sampai bukti golgota.Orang mati dibangkitkanNYA. Kiranya bani Jawi pun bangkit bersama DIA Yang Rela Jadi Manusia. Indonesia Sungguh indah tanahnya sungguh ramah orangnya banyak ilmunya banyak pula selamatannya syukur pada Penciptanya semakin rukun dengan saudara di dalam maupun yang di luar negeri, karena kita jelas anak turun Abraham-Nuh-Adam sekalipun tidak mengemban warisan yang sama dengan israel binishaac binabhraham,namun juga mengemban tugas lain dari Abraham sebagai turunan Abraham dengan istri Ketura,termasuk orang yunani, yang sama penting hingga saat ini dan ke depan. salam damai rukun tentram bersatu padu untuk kedamaian kert@raharj@

  54. saya percaya,..dengan kemampuan mata bathin kita,..kita dapat mengetahui realita sesungguhnya,..karena sukma sejati tidak terbatas ruang dan waktu,..maka berdayakan rohidhafi kita

    salam

  55. Semoga bisa cepat ditemukan bukti sejarahnya.

  56. yo kita buka apa arti hidup dalam diri kita semua alkitab apa yang kita ucapkan,dalam dasa karya ilmu manusia semua,yang kita cari apa yang kita cari selama ini ilmu semua benar,jangan sampai kita cari semua hanya menjalankan hidup ini hanya segerintilan manusia mencari jalan pulang,raja”sedahulu hanya inggin mencari apa yang kita tau selama ini banyak yang di hilangkan yo kita buka semua apa yang sekarang ini hanya membuka apa raja yng kita atau dari buku saja.

  57. ELA-ELO….WONG JOWO KARI SEPARO….
    semoga serpihan yg “ketlingsut” itu lekas tertemukan kembali dan menjadi utuh

  58. maaf semua.tp klo mau nulis ya jangan rasis gt….saya jg mau tanya manusia pertama (nabi adam) ada sekitar 5rb thn lalu…tyus bgmana kebudayaan2 yg ada seblumnya…kan banyak ditemukan budaya yg ada sblum thn tersebut…saya harus percya bgmana jika semua membingungkan??????

  59. pembuktian yang penting,, !!

  60. OM NAMAH SHIVAYA.
    wah,sejarah yang menarik.

  61. Terimakasih untuk tulisan ini. Sangat bagus dan membuka yg selama ini tertutup. Saya sangat menunggu kelanjutan tulisan (wacana) ini, apapun modelnya (entah itu penyempurnaan, bukti2, dokumentasi, atau kajian-kajian) yang melengkapi. Hal sepenting ini semestinya (dan layak) untuk diteruskan.

    Sekiranya berkenan, saya sungguh ingin berkenalan dengan penulis. Dan akan sangat berterimakasih jika mendapat kesempatan membaca dokumen atau apapun yg dimiliki oleh penulis.

    Sekalilagi, terimakasih banyak.

    Salam,

  62. Bangsa yang besar, bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah. Kutipan dari Bung Karno

  63. terima kasih infonya, saya juga lagi baca buku dari salah seorang professor yang menyatakan bahwa Indonesia adalah pusat peradaban dunia yang ‘hilang’.

    kalau sudah selesai baca, nanti saya share yah..
    sekali lagi, thanks ilmunya 🙂

  64. budi arief nugroho

    Kami sudah bangun hanya saja kami masih nanar dlm menatap cahaya itu,tapi kami akan terus dan terus menatap cahaya itu hingga nantinya km dpt mengikuti cahaya itu sebagai tongkat kehidupan….nantilah kami wahai ibu Keturah…km akan bangun dan bangkit utk negri NUSANTARA….

  65. saya yakin bangsa kita memang bangsa yang besar!!…..walo belum terbukti

  66. Sandi Kaladia

    PUSAT PERADABAN DUNIA BUKAN NUSANTARA ATAU INDONESIA TAPI SUNDA & TITIK PUSATNYA ADALAH PARAHYANGAN, DENGAN CATATAN JANGAN MENSTIGMA SUNDA SEBAGAI POTENSI ETNIS & LOKAL GENIUS, TAPI POTENSI GLOBAL & UNIVERSAL GENIUS.
    JANGAN SALAH MAKOM DAN JANGAN COBA-COBA BERBICARA LOKAL GENIUS, SEBAB POTENSI MANUSIA SUNDA MINIMAL GLOBAL GENIUS, BAHKAN UNIVERSAL GENIUS. SUNDA AKAN MENGECIL KETIKA BERBICARA LOKAL GENIUS, SEBAB SUNDA SESUNGGUHNYA PEMILIK OTORITAS “HIPER MAKOM”.
    Jika Manusia Sunda berbicara Lokal Genius, maka akan terjebak menjadi manusia “PANAS BARANAN”. Inilah salah satu contoh Manusia Sunda dengan wawasan UNIVERSAL GENIUS:
    ————————————–
    MANDALAJATI NISKALA
    Seorang Filsuf Sunda Abad 21
    Menjelaskan Dalam Buku
    SANG PEMBAHARU DUNIA
    DI ABAD 21,
    Mengenai
    HAKEKAT DIRI

    Salah seorang peneliti Sunda yang sedang menulis buku
    “SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    bertanya kepada Mandalajati Niskala:
    “Apa yang anda ketahui satu saja RAHASIA PENTING mengenai apa DIRI itu? Darimana dan mau kemana?
    Jawaban Mandalajati Niskala:
    “Saya katakan dengan sesungguhnya bahwa pertanyaan ini satu-satunya pertanyaan yang sangat penting dibanding dari ratusan pertanyaan yang anda lontarkan kepada saya selama anda menyusun buku ini.
    Memang pertanyaan ini sepertinya bukan pertanyaan yang istimewa karena kata “DIRI” bukan kata asing dan sering diucapkan, terlebih kita beranggapan diri dimiliki oleh setiap manusia, sehingga mudah dijawab terutama oleh para akhli.
    Kesimpulan para Akhli yang berstandar akademis mengatakan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA.
    Pernyataan semacam ini hingga abad 21 tidak berubah dan tak ada yang sanggup menyangkalnya. Para Akademis Dunia Barat maupun Dunia Timur banyak mengeluarkan teori dan argumentasi bahwa diri adalah unsure dalam dari tubuh manusia. Argumentasi dan teori mereka bertebaran dalam ribuan buku tebal. Kesimpulan akademis telah melahirkan argumentasi Rasional yaitu argumentasi yang muncul berdasarkan “Nilai Rasio” atau nilai rata-rata pemahaman Dunia Pendidikan.
    Saya yakin Andapun sama punya jawaban rasional seperti di atas.
    Tentu anda akan kaget jika mendengar jawaban saya yang kebalikan dari teori mereka.
    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin mengajak siapapun untuk menjadi cerdas dan itu dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.
    Coba kita mulai belajar melacak dengan memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kata DIRI, JIWA dan BADAN, agar kita dapat memahami apa DIRI itu sebenarnya. Beberapa contoh pertanyaan saya susun seperti hal dibawah ini:
    1)Apa bedanya antara MEMBERSIHKAN BADAN, MEMBERSIHKAN JIWA dan MEMBERSIHKAN DIRI?
    2)Apa bedanya KEKUATAN BADAN, KEKUATAN JIWA dan KEKUATAN DIRI?
    3)Kenapa ada istilah KESADARAN JIWA dan KESADARAN DIRI sedangkan istilah KESADARAN BADAN tidak ada?
    4)Kenapa ada istilah SEORANG DIRI tetapi tidak ada istilah SEORANG BADAN dan SEORANG JIWA?
    5)Kenapa ada istilah DIRI PRIBADI sedangkan istilah BADAN PRIBADI tidak ada, demikian pula istilah JIWA PRIBADI menjadi rancu?
    6)Kenapa ada istilah KETETAPAN DIRI dan KETETAPAN JIWA tetapi tidak ada istilah KETETAPAN BADAN?
    7)Kenapa ada istilah BERAT BADAN tetapi tidak ada istilah BERAT JIWA dan BERAT DIRI?
    8)Kenapa ada istilah BELA DIRI sedangkan istilah BELA JIWA dan BELA BADAN tidak ada?
    9)Kenapa ada istilah TAHU DIRI tetapi tidak ada istilah TAHU BADAN dan TAHU JIWA?
    10)Kenapa ada istilah JATI DIRI sedangkan istilah JATI BADAN dan JATI JIWA tidak ada?
    11)Apa bedanya antara kata BER~BADAN, BER~JIWA dan BER~DIRI?
    12)Kenapa ada istilah BER~DIRI DENGAN SEN~DIRI~NYA tetapi tidak ada istilah BER~BADAN DENGAN SE~BADAN~NYA dan BER~JIWA DENGAN SE~JIWA~NYA?
    13)Kenapa ada istilah ANGGOTA BADAN tetapi tidak ada istilah ANGGOTA JIWA dan ANGGOTA DIRI?
    Beribu pertanyaan seperti diatas bisa anda munculkan kemudian anda renungkan. Saya jamin anda akan menjadi faham dan cerdas dengan sendirinya, apalagi jika anda hubungkan dengan kata yang lainnya seperti; SUKMA, RAGA, HATI, PERASAAN, dsb.
    Kembali kepada pemahaman Akhli Filsafat, Ahli Budaya, Akhli Spiritual, Akhli Agama, Para Ulama, Para Kyai dan masyarakat umum BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA. Mulculnya pemahaman para akhli seperti ini dapat saya maklumi karena mereka semuah adalah kaum akademis yang menggunakan standar kebenaran akademis.
    Saya berani mengetasnamakan Sunda, bahwa pemikiran di atas adalah SALAH.
    Dalam Filsafat Sunda yang saya gali, saya temukan kesimpulan yang berbeda dengan pemahaman umum dalam dunia ilmu pengetahuan.
    Setelah saya konfirmasi dengan cara tenggelam dalam “ALAM DIRI”, menemukan kesimpulan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR LUAR DARI TUBUH MANUSIA. Pendapat saya yang bertentangan 180 Derajat ini, tentu menjadi sebuah resiko yang sangat berat karena harus bertubrukan dengan Pendapat Para Akhli di tataran akademik.
    Saya katakan dengan sadar ‘Demi Alloh. Demi Alloh. Demi Alloh’ saya bersaksi bahwa diri adalah UNSUR LUAR dari tubuh manusia yang masuk menyeruak, kemudian bersemayam di alam bawah sadar. ‘DIRI ADALAH ENERGI GAIB YANG TIDAK BISA TERPISAHKAN DENGAN SANG MAHA TUNGGAL’. ‘DIRI MENYERUAK KE TIAP TUBUH MANUSIA UNTUK DIKENALI SIAPA DIA SEBENARNYA’. ‘KETAHUILAH JIKA DIRI TELAH DIKENALI MAKA DIRI ITU DISERAHTERIKAN KEPADA KITA DAN HILANGLAH APA YANG DINAMAKAN ALAM BAWAH SADAR PADA SETIAP DIRI MANUSIA’.
    Perbedaan pandangan antara saya dengan seluruh para akhli di permukaan Bumi tentu akan dipandang SANGAT EKSTRIM. Ini sangat beresiko, karena akan menghancurkan teori ilmu pengetahuan mengenai KEBERADAAN DIRI.
    Aneh sekali bahwa yang lebih memahami mengenai diri adalah Dazal, namun sengaja diselewengkan oleh Dazal agar manusia sesat, kemudian Dazal menebarkan kesesatan tersebut pada dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan ‘DI UFUK BARAT’ maupun ‘DI UFUK TIMUR’.
    Sebenarnya sampai saat ini DAZAL SANGAT MEMAHAMI bahwa DIRI adalah unsur luar yang masuk menyeruak pada seluruh tubuh manusia. DIRI merupakan ENERGI KEMANUNGGALAN DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Oleh karena pemahaman tersebut DAZAL MENJADI SANGAT MUDAH MENGAKSES ILMU PENGETAHUAN. Salah satu ilmu yang Dia pahami secara fasih adalah Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Ilmu ini dibongkar dan dipraktekan hingga dia menjadi SAKTI. Dengan kesaktiannya itu Dia menjadi manusia “Abadi” dan mampu melakukan apapun yang dia kehendaki dari dulu hingga kini. Dia merancang tafsir-tafsir ilmu dan menyusupkannya pada dunia pendidikan agar manusia tersesat. Dia tidak menginginkan manusia mamahami rahasia ini. Dazal dengan sangat hebatnya menyusun berbagai cerita kebohongan yang disusupkan pada Dunia Ilmu Pengetahuan, bahwa cerita Dazal yang paling hebat agar dapat bersembunyi dengan tenang, yaitu MENGHEMBUSKAN ISU bahwa Dazal akan muncul di akhir jaman, PADAHAL DIA TELAH EKSIS MENCENGKRAM DAN MERUSAK MANUSIA BERATUS-RATUS TAHUN LAMANYA HINGGA KINI.
    Ketahuilah bahwa Dazal bukan akan datang tapi Dazal akan berakhir, karena manusia saat ini ke depan akan banyak yang memahami bahwa DIRI merupakan unsur luar dari tubuh manusia YANG DATANG MERUPAKAN SIBGHOTALLOH DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Sang Maha Tunggal keberadaannya lebih dekat dari pada urat leher siapapun, karena Sang Maha Tunggal MELIPUT SELURUH JAGAT RAYA dan kita semua berada TENGGELAM “Berenang-renang” DALAM LIPUTANNYA.
    Inilah Filsafat Sunda yang sangat menakjubkan.
    Perlu saya sampaikan agar kita memahami bahwa Sunda tidak bertubrukan dengan Islam, saya temukan beberapa Firman Allohurabbul’alamin dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan pijakan untuk bertafakur, mudah-mudahan semua menjadi faham bahwa DIRI adalah “UNSUR KETUHANAN” yang masuk ke dalam tubuh manusia untuk dikenali dan diserah~terimakan dari Sang Maha Tunggal sebagai JATI DIRI, sbb:
    1)Bila hamba-hambaku bertanya tentang aku katakan aku lebih dekat (Al Baqarah 2:186)
    2)Lebih dekat aku daripada urat leher (Al Qaf 50:16)
    3)Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kami disegenap penjuru dan pada nafasmu sendiri (Fushshilat 41:53)
    4)Dzat Allah meliputi segala sesuatu (Fushshilat 41:54)
    5)Dia (Allah) Bersamamu dimanapun kamu berada (Al Hadid 57:4)
    6)Kami telah mengutus seorang utusan dalam nafasmu (AT-TAUBAH 9:128)
    7)Di dalam nafasmu apakah engkau tidak memperhatikan (Adzdzaariyaat 51:21)
    8)Tuhan menempatkan DIRI antara manusia dengan qolbunya (Al Anfaal 8:24)
    9)Aku menciptakan manusia dengan cara yang sempurna (At Tin 95:4)
    Jawaban mengenai APA DIRI ITU. DARIMANA & MAU KEMANA (Sangkan Paraning Dumadi), akan saya jelaskan secara rinci dan tuntas pada sebuah buku.

    Di masa kini ke depan Sunda akan melahirkan Para Filsuf Handal yang siap menghancurkan kesalahan cara berpikir & manipulasi ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh Para Filsuf Dunia.
    MARI KITA MEMBUAT KARYA FILSAFAT AGAR KITA MENJADI SEORANG FILSUF, YANG BERTANGGUNG JAWAB MENGHADIRKAN KEMBALI KEBENARAN ILMU SANG MAHA PENCIPTA, sebagai mana yang dilakukan oleh Filsuf Sunda Mandalajati Niskala, yang sebagian hipotesisnya sbb:

    1) Menurut para akhli di seluruh Dunia bahwa GRAVITASI BUMI EFEK DARI ROTASI BUMI.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala SALAH BESAR, bahwa Gravitasi Bumi TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN ROTASI BUMI. Sekalipun bumi berhenti berputar Gravitasi Bumi tetap ada.

    2) Bahkan kesalahan lainnya yaitu semua akhli sepakat bahwa panas di bagian Inti Matahari mencapai 15 Juta Derajat Celcius.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala panas Inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN”.
    Beliau menambahkan:“KALAU TIDAK PERCAYA SILAKAN BUKTIKAN SENDIRI”.

    3) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

    4) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala menegaskan: “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.

    5) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Gravitasi ditimbulkan oleh adanya massa pada suatu Zat.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala: “GAYA GRAVITASI BUKAN DITIMBULKAN OLEH ADANYA MASSA PADA SEBUAH ZAT ATAU BENDA”.
    Mandalajati Niskala menambahkan: “Silahkan pada mikir & jangan terlalu doyan mengkonmsumsi buku2 Barat.

    6) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala membuat pertanyaan di bawah ini yang cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    a) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    b) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    c) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    7) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Matahari memiliki Gaya Gravitasi yang sangat besar.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala Matahari tidak memiliki Gaya Gravitasi tapi memiliki GAYA ANTI GRAVITASI.

    8) Pernyataan yang paling menarik dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala yaitu:
    “SEMUA ORANG TERMASUK PARA AKHLI DI SELURUH DUNIA TIDAK ADA YANG TAHU JUMLAH BINTANG & JUMLAH GALAKSI DI JAGAT RAYA, MAKA AKU BERI TAHU, SBB:
    a) Jumlah Bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000
    b) Jumlah Galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000
    c) Jumlah Bintang di setiap Galaksi adalah sekitar 13.000.000.000.000

    9) Dll produk Filsafat seluruh cabang ilmu dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala YANG SIAP MENCENGANGKAN DUNIA seperti Wahyu Cakra Ningrat, Trisula Weda, Sangkan Paraning Dumadi, Manunggaling Diri, Sastra Jendra, Filsafat Ilmu Pengetahuan & Jagat Raya, dll.

    Selamat berfilsafat
    @Sandi Kaladia

  67. ada benarnya omongannya teman bapak……ilmuwan barat takut mengakui peradaban nusantara ini, banyak situs-situs purbakala dinusantara yang umurnya ribuan tahun reliefnya menggambarkan nenek moyang kita justru menjajah bangsa-bangsa lain nun jauh disana….baik indian….india…dll, salah satu buktinya adalah situs gunung padang, umurnya 5200 tahun sebelum masehi, sedangkan pyramide dari peradaban mesir 2500 tahun sebelum masehi, bisa dibaca disini
    http://news.detik.com/read/2014/08/17/181503/2664606/10/arkeolog-ui-situs-gunung-padang-kado-istimewa-hut-ke-69-ri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*