Nobar 3rdMFW bersama Sushrusa Deaf School

Anak-anak dari Sushrusa Deaf School ikut nonton bareng di 3rd MFW. Foto Vifick Bolang.

Minikino Film Week (MFW) memang sayang untuk dilewatkan.

Tahun ini, festival film pendek yang masuk tahun ketiga tersebut menghadirkan 209 film pendek yang dikemas dalam 42 program. Jumlah tersebut meningkat dari 88 film pendek di tahun pertama, dan 158 film di tahun kedua.

Dalam 42 program Minikino Film Week ketiga (3rdMFW) tersebut, program anak (Children Program) telah dilaksanakan di Gedung Merdeka, Kantor BPDP Provinsi Bali pada Senin, 9 Oktober kemarin.

Children Program ini dihadiri oleh puluhan anak-anak tuna rungu dari Sushrusa Deaf School. Acara dimulai pukul 10:00 WITA.

Ada 2 program film yang diputar, yaitu Tangible Dreams dan Children Program. Menurut penuturan seorang guru, anak-anak sudah bertanya-tanya film apa yang akan segera ditonton. “Anak-anak sangat terkesan sekali dengan kegiatan ini, bahkan sebelum acara mereka nanya nanti filmnya kayak apa?” jelas Ibu Raka, Kepala Sekolah di Sushrusa Deaf School.

Acara berlangsung begitu menyenangkan. Selama acara anak-anak sangat antuasias untuk mengikuti kegiatan. Mulai dari pemutaran bahkan hingga proses diskusi berlangsung.

Setelah nobar, anak-anak Sushrusa Deaf School mengikuti diskusi dan tanya jawab mengenai film. Foto Julian La Wele.

Setelah menonton film pendek bersama, acara dilanjutkan dengan proses diskusi dan tanya jawab mengenai film. Setiap anak yang berani menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah sebuah tas dari Minikino.

Ini adalah pengalaman pertama bagi anak-anak di Sushrusa Deaf School untuk datang ke festival film. “Ini pengalaman pertama anak-anak, di sekolah sempat sih ada kegiatan nobar tapi layarnya kecil,” jelas Ibu Raka.

Di Sushrusa Deaf School anak-anak berjumlah 51 orang dan 7 orang guru. Yang datang ke acara berjumlah 52 orang termasuk guru-guru yang mendampingi.

Anak-anak begitu senang bisa diajak ikut datang ke festival. Beberapa teman mereka ada yang sakit, karena itu ada yang tidak bisa ikut datang ke acara.

Saat ditanya kesan setelah mengikuti acara, guru-guru menyatakan sangat senang. Sebab, Minikino sudah mengundang anak-anak sehingga mereka punya pengalaman baru dan akan menambah wawasan mereka. “Saya pribadi suka dengan kegiatan tadi, kegiatannya bagus, karena dengan melihat film kita jadi menambah wawasan,” jawab Bu Raka. [b]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*