Kini Membeli Tiket Kapal Cepat Nusa Penida Jauh Lebih Mudah

Aplikasi Skypenida mempermudah pembelian tiket kapal cepat menuju atau dari Nusa Penida. Foto tangkapan layar laman SkyPenida.

Selain mempermudah, aplikasi SkyPenida juga membuat pembelian tiket jadi lebih jujur.

Perkembangan teknologi memaksa kita beradaptasi. Begitu pula dengan cara membeli tiket kapal cepat. Kini, hanya dengan duduk sambil pegang gawai (gadget), kita bisa membeli tiket kapal cepat pergi atau pulang dari Nusa Penida.

Tak perlu menunggu dalam antrean panjang dan menguras energi untuk menunggu giliran. Seorang anak muda Nusa Penida baru saja meluncurkan layanan tiket daring untuk menjembatani kebutuhan pembelian tiket kapal cepat secara daring.

Pembuat aplikasi tersebut adalah I Wayan Dana Asmara.

Ide membuat aplikasi tersebut berdasarkan pengalamannya sendiri saat menyebrang kampung halaman. Untuk membeli tiket dia harus menunggu giliran sangat melelahkan dan membosankan. Banyak waktu terbuang hanya sekadar beli tiket, terutama saat hari raya. Penumpang menumpuk di pelabuhan.

Dari permasalahan tersebut, dia pun membuat sebuah aplikasi pemesanan tiket secara daring. Pertimbangannya agar mudah dan praktis. Pembeli tidak perlu menunggu.

SkyPenida atau SkyPenida.com adalah situs booking fast boat tujuan Nusa Penida secara daring. Situs ini merupakan sebuah ‘online market place’ untuk pengguna dan penyedia jasa kapal cepat. Pengguna tidak lagi sibuk mencatat kontak semua kapal cepat ketika ingin memesan tiket.

Mereka cukup berkunjung ke ‘market place’ skypenida.com.

Menurut Dana, aplikasi ini akan memudahkan kedua belah pihak, baik pengguna maupun penyedia jasa kapal cepat. “Penumpang bisa memilih sendiri fast boat dan jadwal keberangkatan. Hal ini tentu sangat efektif mengingat generasi zaman now yang ingin semuanya serba cepat. Begitupun pihak fast boat, keuntungannya adalah brand boatnya,” ungkap Dana.

Dana melanjutkan, penyedia jasa kapal cepat tinggal meningkatkan kualitas pelayanan, mengingat persaingan sangat ketat dengan ada banyaknya pilihan kapal.

Dana menceritakan ide awalnya cukup sederhana karena melihat fenomena generasi zaman now yang terbiasa serba online. “Sederhana saja, sekarang orang bisa pesan kembang api secara online. Masa beli tiket fast boat harus antre!. Parahnya, sudah antre ngga dapat tiket, kebayang rasa kecewanya sudah capek-capek datang akhirnya PHP,” lanjutnya.

Tujuan yang paling prinsip, menurut Dana, adalah berpartisipasi dengan perkembangan pariwisata di Nusa Penida, terutama ikut menjaga citra positif pariwista Nusa Penida yang sedang hits. “Saya dan tim Skypenida sangat prihatin dengan ulasan-ulasan dari traveler yang berkunjung ke Nusa Penida yang mengeluhkan terkait cara pemesanan tiket yang masih manual,” terangnya.

Hal yang paling memprihatinkan adalah harga jual tiket yang tidak fair akibat ulah oknum calo tertentu yang mengangkat harga terlalu tinggi. Dampaknya sangat fatal, citra pariwisata Nusa Penida yang sedang merangkak naik ini akan menjadi buruk.

“Kami ingin berpartisipasi menanggulangi terkait hal ini,” dia menambahkan.

Sasaran utama aplikasi ini adalah traveler yang akan berlibur ke Nusa Penida dan juga masyarakat lokal yang sudah terbiasa menggunakan jasa kapal cepat. Untuk pelanggan setia, aplikasi ini juga akan memanjakan pelanggan dengan harga-harga spesial. Misalnya mensubsidi atau memberi harga spesial untuk pelajar, memberlakukan sistem poin, menyediakan voucher free lunch, dan yang lainnya.

Untuk sementara ini, aplikasi SkyPenida hanya melayani tiket online Sanur menuju Nusa Penida begitu sebaliknya. Dalam waktu dekat mereka akan membuat juga untuk perjalanan Kusamba menuju Nusa Penida. [b]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*